Leonardo DiCaprio Sindir Bantar Gebang, Ini Respons Wali Kota Bekasi

Sejumlah truk pengangkut sampah DKI Jakarta melintas di area Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, di Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang milik Pemprov DKI diam-diam menjadi sorotan aktor dunia Leonardo DiCaprio. Pemeran film Titanic itu menyebut lokasi pembuangan yang ada di Kota Bekasi  menjadi yang terbesar di dunia.

Hal itu terungkap setelah empat hari lalu aktor Hollywood itu menulis dalam akun instagramnya yang menyatakan bahwa TPA Bantar Gebang adalah titik kawasan pembuangan akhir sampah terbesar di dunia.

“Pemulung sedang mengumpulkan plastik dari sampah rumah tangga di tempat pembuangan Bantar Gebang, Jakarta, Indonesia. Tempat ini dianggap sebagai tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Januari 2019." tulis pria yang juga pegiat lingkungan itu di Instagram @leonardodicaprio.

Atas unggahan itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi langsung angkat bicara. Dia membenarkan kalau anggapan TPST Bantar Gebang adalah kawasan pembuangan akhir sampah yang terbesar di dunia.

“TPST Bantar Gebang itu sudah lama berdiri sejak 1986. Kondisinya sudah dalam. Yah kalau dibilang terbesar di dunia, benar juga,” katanya, Selasa 10 September 2019.

Dia menambahkan, penyebab gundukan sampah yang semakin tinggi karena  belum adanya teknologi yang mampu mengatasi masalah sampah. Menurutnya, bisa dipastikan bila tumpukan sampah itu bisa hilang kalau hadir teknologi canggih.

"Kalau dulu sudah ada teknologi mungkin tidak seperti ini gundukan sampah," ucapnya. [mus]