Ibu Kota Mau Dipindah, Anies Penuhi Panggilan DPR

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersepeda dari Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, untuk menghadiri rapat kerja (raker) dengan DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, raker yang akan ia hadiri terkait rencana pemindahan ibu kota.

"Di DPR ada undangan Pansus terkait pemindahan ibu kota," ujar Anies di Balai Kota DKI, Rabu, 25 September 2019.

Anies menyampaikan, ia hadir dalam kapasitasnya sebagai kepala daerah Jakarta. Raker yang akan dimulai pada 15.00 WIB, akan dihadiri juga pejabat lain seperti Menteri Keuangan Sri Mulyati Indriani, hingga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. "Hari ini saya diundang untuk menghadiri raker," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, ia akan memberi keterangan sesuai hal yang dimintakan DPR. Presiden Joko Widodo telah memutuskan ibu kota Indonesia dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur pada 2024 nanti.

"Saya hadir ke raker itu, kemudian memberikan penjelasan sesuai dengan permintaan dewan," ujar Anies.

Diketahui, DKI telah membangun jalur-jalur sepeda di banyak wilayah di Jakarta sebagai salah satu strategi mengurangi polusi udara. Salah satu jalur sepeda itu mencakup juga Sudirman-Thamrin, jalur yang akan dilalui Anies saat ini.