Pimpinan DPRD DKI Ditetapkan, Anies Minta Banyak Raperda Dituntaskan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Monas, Jakarta.
Sumber :
  • Humas Pemprov DKI

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta DPRD DKI segera menuntaskan pembahasan banyak rancangan peraturan daerah (raperda), usai ditetapkannya para pimpinan lembaga parlemen daerah itu.

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud, sejauh ini, Pemprov DKI masih belum sepenuhnya optimal melaksanakan sejumlah rencana program akibat belum adanya dasar hukum yang bisa dipakai.

"Ada agenda-agenda untuk diselesaikan bersama. Ada banyak raperda yang sekarang dalam proses antrean," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.

Anies menyampaikan, cukup panjangnya proses demokrasi dalam Pileg 2019, membuat proses legislasi di Jakarta agak ditunda. Salah satu legislasi yang dinilai harus segera dituntaskan pembahasannya adalah Perda tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

"Selama ini, (proses menunggu legislasi selesai) cukup panjang akibat kita menunggu Pemilu, kemudian penentuan pimpinan, dan sekarang alhamdulillah sudah ditentukan," ujar Anies.

Anies memberi selamat atas ditetapkannya lima pimpinan DPRD DKI, juga sembilan ketua fraksi. Nama-nama pimpinan itu akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk selanjutnya resmi berlaku. "'Salaman' dulu ya bagi lima orang yang mendapatkan amanat," ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, DPRD DKI mengusulkan komposisi pimpinan lembaga parlemen daerah itu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pengusulan dilakukan melalui Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, serta ajuan komposisinya ditetapkan dalam rapat paripurna Kamis, 3 Oktober 2019.

Berikut adalah usulan pimpinan DPRD DKI:

Ketua DPRD DKI: Prasetio Edi Marsudi (PDIP)
Wakil Ketua DPRD DKI:
- Mohamad Taufik (Gerindra)
- Abdurrahman Suhaimi (PKS)
- Misan Samsuri (Demokrat)
- Zita Anjani (PAN)

Ketua-ketua fraksi:
- Fraksi PDIP: Gembong Warsono
- Fraksi PKS: Mohammad Arifin
- Fraksi Demokrat: Desie Christiana
- Fraksi PAN: Lukmanul Hakim
- Fraksi NasDem: Wibi Andrino
- Fraksi PSI: Idris Ahmad
- Fraksi Golkar: Basri Baco
- Fraksi PKB-PPP: Hasbiallah Ilyas

(ase)