Putri Zulhas Hingga Bekas Timses Ahok, Ini Profil Pimpinan DPRD DKI

Pimpinan DPRD DKI Jakarta.
Sumber :
  • Fajar GM/VIVAnews.

VIVA – DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 telah resmi memiliki pimpinan dan mulai bekerja efektif sebagai parlemen daerah usai paripurna pelantikan pada Senin, 14 Oktober 2019. 

Kelima pimpinan itu adalah Prasetio Edi Marsudi yang berasal dari PDIP sebagai ketua. kemudian wakil-wakilnya yaitu, Mohamad Taufik dari Gerindra, Abdurrahman Suhaimi dari PKS, Misan Samsuri dari Demokrat, serta Zita Anjani dari PAN. 

Para politikus berasal dari berbagai latar belakang, seperti Zita yang merupakan putri dari mantan Ketua MPR Zulkifli Hasan, hingga Pras, sapaan Prasetio yang merupakan mantan ketua tim pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017.

Berikut adalah profil singkat kelima pimpinan DPRD DKI yang dihimpun VIVAnews dari berbagai sumber:

1. Prasetio Edi Marsudi

Pras telah menjadi anggota DPRD DKI sejak 2013. Ia kala itu menjadi anggota Pergantian Antar Waktu (PAW) fraksi PDIP. Pada Pileg 2014, ia terpilih menjadi anggota DPRD DKI, juga menjadi pimpinan lembaga parlemen daerah itu. 

Pras yang lahir di Kudus, Jawa Tengah, pada 13 Mei 1962, juga merupakan ketua tim pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017. Pada Pemilu 2019, Pras menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf di Jakarta. Pras juga dikenal memiliki hobi di bidang otomotif.

2. Mohamad Taufik

Taufik merupakan wakil ketua DPRD DKI juga pada periode 2014-2019. Politikus yang berasal dari Warakas, Jakarta Utara ini, lahir di Jakarta pada 3 Januari 1957. 

Nama Taufik paling mencuat saat perseteruan antara kalangan oposisi di DPRD DKI dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Taufik terkenal vokal menentang sejumlah kebijakan Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Ahok, sapaan Basuki. 

Di Gerindra, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI. Di Pilkada DKI 2017, ia menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi, lantas berhasil mengantar mereka berdua menjadi kepala daerah Jakarta. Sementara, pada Pemilu 2019, Taufik mendirikan Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi dan melakukan upaya penggalangan dukungan untuk capres-cawapres oposisi itu.

3. Abdurrahman Suhaimi

Suhaimi sempat diwacanakan menjadi kandidat wakil gubernur DKI setelah Sandiaga Uno yang mundur untuk mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019. Suhaimi sendiri, telah menjadi kader PKS sejak 1999. Ia memimpin Ketua Dewan Syariah (DWS) PKS hingga kini. 

Suhaimi lahir di Blitar pada 7 November 2019. Pada 2004-2009, Suhaimi sudah menjadi anggota DPRD DKI. Pada 2014-2019, Suhaimi menjadi anggota DPRD DKI lagi, juga menjabat sebagai wakil ketua fraksi PKS.

4. Misan Samsuri

Misan merupakan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat DKI. Ia menjadi anggota DPRD DKI usai meraup 16.573 suara di Pileg 2019 dari daerah pemilihan (dapil) Jakarta 6. 

Ia lahir di Jakarta, pada 6 Maret 1968, juga merupakan anggota dari Majelis Zikir Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

5. Zita Anjani

Zita Anjani merupakan anggota DPRD DKI dari kalangan milenial. Zita lahir di Jakarta pada 12 Maret 1990. Zita merupakan putri dari mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan. 

Meski terbilang muda, Zita di antaranya telah meraih gelar master dari University College London (UCL). Ketertarikan Zita ada di bidang pendidikan anak usia dini (PAUD). Dia pun memiliki PAUD 'Kids Republic' di Cipinang Muara, Jakarta Timur.