Pusat Ekonomi dan Objek Vital Ibu Kota Diamankan Jelang Pelantikan

Persiapan Menjelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Aparat kepolisian dengan dibantu jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus melakukan pengamanan di berbagai tempat di sekitaran Gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Pusat-pusat ekonomi seperti tempat perbelanjaan yang ada di ibu kota pun tak luput diamankan.

Hal ini dilakukan menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Kiai Haji Ma'ruf Amin yang digelar pada besok, Minggu, 20 Oktober 2019.

"Ada pengamanan pusat ekonomi oleh TNI dan Polri," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu, 19 Oktober 2019. 

Argo tak menjelaskan lebih rinci mengenai jumlah personel yang telah diturunkan untuk melakukan pengamanan di ibu kota tersebut. Hanya menyebut pasukan Polri dan TNI yang diterjunkan cukup. 

Sedangkan, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnama, mengatakan, personel yang dikerahkan Polres Metro Jaksel sebanyak 1.000 dan dibantu Kodim 0504/JS 300 personel. Pengamanan dilakukan di titik-titik objek vital, pusat perekonomian, mal, hotel dan perkantoran.

"Ditempatkan juga di beberapa titik kendaraan taktis dan K9. Kemudian, dilaksanakan patroli gabungan Polres Metro Jakarta Selatan dengan Kodim 0504/JS, baik patroli sepeda motor maupun patroli mobil," ujarnya. 

Ia pun mengimbau, masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pelantikan presiden RI dan wakil presiden RI dengan menjaga keamanan diri dan lingkungan masing-masing. 

"Jangan terpancing hoaks dan isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Kita sama-sama berdoa semoga bangsa dan negara Indonesia senantiasa dilimpahkan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan oleh Allah SWT," ujarnya.