PSI Siap Galang Dukungan DPRD Tolak Anggaran Formula E di Jakarta

Suasana sidang DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar GM

VIVA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berjanji akan menggalang dukungan kepada semua fraksi di DPRD DKI untuk menolak ajuan anggaran untuk Formula E di APBD DKI 2020. Menurut anggota Fraksi PSI DPRD DKI Anggara Wicitra, parpol yang pertama kalinya memiliki kursi di DPRD DKI itu, akan menggalang dukungan anggota-anggota DPRD supaya memiliki sikap yang sama.

"Kami mencoba, sedang membangun komunikasi (dengan anggota-anggota DPRD DKI lain)," ujar Anggara di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis, 7 November 2019.

Anggara menyampaikan, PSI meyakini Formula E lebih baik diselenggarakan swasta dibanding menggunakan APBD DKI. DKI mengajukan lebih dari Rp1 triliun di APBD DKI 2020 untuk balapan mobil listrik internasional itu.

"Kami menegaskan, kami dari fraksi PSI menolak Formula E," ujar Anggara.

Menurutnya, komunikasi dilakukan paling intens dengan 106 anggota DPRD DKI yang baru menjabat untuk periode 2019-2024. Ditolaknya anggaran dimungkinkan di tahapan pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) usai Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) disetujui DKI-DPRD.

"Ketika rapat pembahasan (KUA-PPAS), kita sudah membahas ini. Tetapi kami akan mencoba membatalkan pada saat proses Banggar," tutur Anggara.

Sebelumnya diberitakan, Fraksi PSI DPRD DKI meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membatalkan rencana DKI menyelenggarakan Formula E. Menurut anggota Fraksi PSI DPRD DKI Anthony Winza Probowo, Formula E bukan hal strategis yang harus diselenggarakan DKI.

"Ini penyelenggaraannya pakai uang rakyat. Padahal saya turun ke masyarakat, saya lihat masih banyak rakyat yang belum dapat akses air bersih, masih banyak rakyat hidup susah," ujar Anthony.