Reuni 212, Polisi: Tak Ada Peserta dari Luar Kota

Apel TNI Polri amankan reuni 212
Sumber :
  • VIVAnews / Rifki Arsilan

VIVA – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol.Yusri Yunus menyatakan tidak melakukan upaya penghadangan atau penghalangan terhadap jemaah atau peserta Reuni Akbar 212 yang akan datang dari luar kota ke Monas, Jakarta Pusat. 

Menurut Yusri, hasil koordinasi Polri di seluruh Indonesia, tidak ada mobilisasi masa secara besar-besaran dari daerah untuk menghadiri acara Reuni Akbar 212 yang akan diselenggarakan Senin dini hari nanti.

"Tidak ada peserta dari luar kota, paling luar kotanya dari sekitar Jakarta saja, seperti Tangerang, gitu ya. Dan kita tidak melakukan penghalangan atau penghadangan peserta acara Munajat dan Maulid ini," kata Yusri Yunus di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Desember 2019.

Terkait dengan jumlah peserta reuni Akbar kali ini, Yusri mengaku belum dapat kabar pasti dari panitia penyelenggara berapa jumlah peserta kegiatan tersebut. 

"Kita masih menunggu, kan masih simpang siur jumlahnya, kita belum tahu," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Yusri, TNI dan Polri sudah mempersiapkan pengamanan untuk melakukan berbagai antisipasi masa selama acara berlangsung. 

Untuk diketahui, sekitar 9.000 personel gabungan TNI dan Polri diterjunkan langsung di sekitar kawasan Monas untuk berjaga-jaga berjalannya acara Reuni Akbar 212 tahun 2019 ini. Acara Reuni kali ini akan dimulai sejak pukul 03.00 wib dini hari nanti hingga pukul 08.00 wib. Acara akan dimulai dengan melakukan sholat tahajud berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah.

Setelah itu pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan juga tausiyah agama yang akan disampaikan oleh sejumlah ulama atau habib terkemuka. Acara Reuni Akbar 212 tahun ini dilakukan dalam rangka munajat atau doa Bersama untuk kepulangan Rizieq Shihab yang saat ini masih berada di Mekkah, Saudi Arabia.