1.558 Gereja di Jakarta Diamankan Saat Natal, 57 Prioritas

Ilustrasi pengamanan Natal.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Jajaran Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya telah mempersiapkan rencana pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Sebanyak 8.196 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan. 

Khusus pengamanan perayaan Natal, sebanyak 1.558 tempat ibadah umat kristiani yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya akan diamankan.

"Kekuatan kita 8.196 personel mengamankan 1.558 gereja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada VIVAnews, Rabu, 18 Desember 2019.

Dari seribuan gereja itu, 57 gereja mendapatkan pengamanan prioritas. Adapun kriteria prioritas yakni gereja tersebut berdekatan dengan tempat ibadah lain dan wilayah yang umat kristiani sedikit di wilayah tersebut.

"Ada beberapa gereja yang kita skala prioritas ada 57 gereja," ujarnya.

Selain gereja, sebanyak 1.360 tempat berkumpulnya masyarakat turut diamankan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

Dalam pengamanan ini, polisi juga menggandeng organisasi masyarakat atau ormas.

“Kita juga berkoordinasi dengan teman-teman ormas salah satunya Banser. Kami sepakat mengamankan malam natal. Ini operasi selama 10 hari mulai tanggal 23 sampai 1 Januari 2020,” kata Yusri.

Pihak Polda Metro Jaya rencananya akan menggelar gelar pasukan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru pada tanggal 19 Desember besok. Dalam gelar pasukan ini, akan hadir juga pihak TNI dan Pemerintah Provinsi Jakarta. (ase)