Ada Perayaan Tahun Baru, Ini Pengalihan Rute Transjakarta

Bus Transjakarta.
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – PT  Transportasi Jakarta tetap mengoperasikan sejumlah armada bus Transjakarta karena beberapa ruas jalan ditutup untuk perayaan pergantian tahun baru di sejumlah titik lokasi Ibu Kota pada sore hingga malam hari, Selasa, 31 Desember 2019. 

Direktur Pelayanan dan Pengembangan TransJakarta, Achmad Izzul Waro mengatakan, bakal melakukan rekayasa rute untuk menyesuaikan beberapa lajur jalan yang ditutup tersebut.

Untuk rute Transjakarta di koridor 1 jurusan Blok M-Kota Tua dibagi menjadi 3 skema, yakni:

  1. Kota-Harmoni-Tomang-Koridor 9-Semanggi-Blok M (PP)
  1. Poros Blok M:  Blok M-Gelora Bung Karno-Putar Semanggi (PP)
  1. Poros Kota: Kota-Harmoni-Monas-Putar Patung Kuda (PP)

Adapun untuk koridor 4 (Pulogadung-Tosari ICBC) akan melewati jalur Pulogadung 2-Dukuh Atas (Land Mark) - putar balik Land Mark (PP). 

Maka, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Transjakarta juga akan menambah jumlah armada yang akan dioperasikan pada perayaan penutupan tahun ini. 

"Diprediksi jumlah pengguna angkutan massal bakal melonjak drastis malam ini lantaran sejumlah jalan ditutup dan tak bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi.

“Biasanya hanya 55 armada, menjadi 128 unit bus,” kata Izzul di Jakarta. 

Dia menuturkan, ada ratusan armada ini bakal disebar di 11 koridor dan rute 2C yang meliputi (Monas-JIExpo), 5H (Harmoni-Ancol), 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika). 

Selanjutnya, rute S12 (BSD-St.Fatmawati), dan S31 (Bintaro-St.Fatmawati) juga ditambah menjadi 8 armada yang beroperasi hingga pukul 03.00 WIB.