Kasur, Kursi, Batang Pohon Sampah Kiriman dari Bogor untuk Jakarta

Sampah kiriman dari Bogor dan Depok
Sumber :
  • VIVAnews / Eka Permadi

VIVA – Dinas Lingkungan Hidup DKI terus melakukan pengangkutan sampah yang terbawa air banjir  Bogor, Depok hingga jembatan Kampung Melayu Besar, Jakarta Timur kemarin siang. Sampah masih nampak terbawa oleh air yang mengalir deras.

"Dari kemarin jam 11 siang sampai siang ini sudah 57 truk dengan kapasitas 12 metrik kubik kita angkat," kata Kastalk Jaksel UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Sabar Gultom di Jembatan Kampung Melayu Besar, Jakarta, Kamis 2 Januari 2021.

Untuk mengangkat sampah yang tersangkut di jembatan, Sudin Jaksel mengerahkan dua alat berat dan 50 petugas sejak kemarin siang.

"Kita kerja 24 jam, pakai sistem shift. Jadi yang kerja jadi malam bergantian dengan yang pagi ini," ucapnya.

Sabar menjelaskan sampah sampah kiriman yang datang dari Bogor dan Depok itu kebanyakan batang batang kayu pohon, batang pohon bambu hingga peralatan rumah seperti kasur, kursi dan sampah plastik.

"Sampah Ini kita bawa ke Sunter ya, BMW, terus ke Bantargadung. Soalnya kalau lewat (langsung ke Bantargebang) kejauhan. Biasanya kita ke perintis tapi perintis lagi banjir," ucap dia.

Menurutnya, jembatan kali Kampung Melayu merupakan salah satu benteng penahan sampah sebelum sampai ke pintu air Manggarai. Dan petugas dari dari lembaganya juga sudah bersiap di Manggarai dengan alat berat dan truk besar untuk mengangkut sampah yang lolos dari jembatan Kampung Melayu Besar.

"Pembersihannya ada di sini,ada di Manggarai. Jadi di sini ngangkut, nanti kalau lulus Manggarai siap kerjakan," jelasnya.

Hingga saat ini ia terus berkoordinasi dan melakukan pemantauan hingga ke kawasan Bogor dan Depok untuk antisipasi bila hujan lebat kembali terjadi di hulu sungai. Timnya harus terus bersiaga bila banjir kiriman datang kembali.