Anies ke Pengungsi: Insya Allah Nanti Bisa Segera Pulang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui para pengungsi korban banjir.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berjanji kepada para pengungsi banjir di Cengkareng, Jakarta Barat, bahwa mereka, dalam waktu dekat, bisa segera pulang. Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, untuk sementara, para pengungsi itu harus rela tinggal di pengungsian.

"Insya Allah nanti bisa segera pulang ya, amin. Insya Allah," ujar Anies kepada para pengungsi di Gedung Olah Raga (GOR) Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat, 3 Januari 2020.

Anies menyampaikan, sekali pun sedang mengungsi, kebutuhan dasar para pengungsi dijamin akan terpenuhi. DKI menyediakan makan, rekreasi untuk anak-anak, hingga layanan kesehatan.

"Ibu-ibu semua, kita ingin situasi ini segera pulih. Tapi selama belum, insya Allah yang jadi kebutuhan dasar semuanya akan segera dipenuhi," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, karena bukan lingkungan pribadi, pengungsian merupakan tempat di mana para pengungsi harus senantiasa ingat akan kesehatan, juga keamanan mereka. Anies juga meminta para pengungsi segera memeriksakan diri jika merasa ada gangguan kesehatan yang dialami.

"Kalau berada di tempat tinggal sementara selama ini, gangguan kenyamanan tinggi. Potensi gangguan kesehatan juga ada. Jadi kalau merasa tidak enak, di depan ada pos kesehatan, segera lapor," ujar Anies.