Jelang Demo Pro dan Kontra Anies, Brimob hingga Water Canon Siaga

Kendaraan taktis polisi siaga di depan Balai Kota, Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Sejumlah kendaraan taktis kepolisian mulai dari water cannon, mobil pengurai massa, hingga mobil barikade, telah siaga di depan Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020. 

Berdasarkan pantauan VIVAnews di lokasi, ratusan personel kepolisian, termasuk dari Brimob, juga mulai berjaga di titik yang akan menjadi lokasi unjuk rasa.

Unjuk rasa akan dilakukan dua elemen mulai 14.00 WIB. Elemen pertama menamakan diri mereka Jakarta Bergerak, serta memiliki tuntutan supaya Anies mundur karena dinilai tidak bisa mencegah banjir di ibu kota. 

Elemen kedua, menamakan diri 'Aksi Bela Anies'. Dalam undangan unjuk rasa yang disebar, elemen ini menamakan diri Gerakan Tongkrongin Pasukan Togog Geruduk Balai Kota.

Selain itu, massa unjuk rasa terlihat mulai berdatangan. Ada yang memakai pakaian Betawi, hingga pakaian Muslim. Mereka terlihat berkumpul di sejumlah titik di Jalan Medan Merdeka Selatan, ada juga yang sudah memasuki Balai Kota. Beberapa di antaranya bersiap melaksanakan salat Dhuhur dulu di Masjid Fatahillah. Gerbang Balai Kota sendiri masih dibuka untuk umum.

Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya menurunkan ratusan personel untuk mengawal rencana aksi unjuk rasa di depan Gedung Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir Jakarta Pusat, Selasa, 14 Januari 2020 siang. Personel tersebut merupakan gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat.

“Kekuatan kurang lebih 659 personel yang diturunkan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 14 Januari 2020.