Banjir Rendam Tangerang, Tinggi Air Sampai 1 Meter

Banjir di Tangerang
Sumber :
  • Istimewa/Sherly

VIVA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang sejak semalam mengakibatkan lebih 80 rumah di Kecamatan Priuk, Tangerang tenggelam karena banjir. Genangan banjir bahkan di kisaran 1 sampai 1,5 meter.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang, Edi Sodyan mengatakan terdapat dua titik di Kecamatan Priuk yang mengalami banjir yakni, Perumahan Gebang Jaya dan Garden City. Banjir ini karena luapan debit air dari Kali Ciracab dan Situ Bulakan.

"Ada dua titik banjir, dengan total rumah yang terendam 82 dengan 371 jiwa. Saat ini kami tengah dalam proses penanganan agar air cepat surut, serta evakuasi warga," katanya.

Merujuk bencana banjir awal 2020 lalu, pihaknya juga meminta agar warga tak memilih bertahan di rumah. Ia berharap warga dapat saling berkoordinasi dengan petugas lapangan agar mau dievakuasi.

"Kita minta warga evakuasi diri, jangan bertahan di rumah, khawatir air makin tinggi," ujarnya.

Saat ini, petugas juga tengah membuat tanggul tambahan dari karung berisi pasir untuk menahan air yang sudah limpas dari tanggul beton. Kemudian, langkah lain dengan menurunkan empat unit pompa penyedot air.