Keren, Bakrie Center Bina Warga Pondok Cabe Bikin Bank Sampah

Bakrie Center Foundation meresmikan bank sampah
Sumber :
  • VIVAnews/Rifki Arsilan

VIVA – Bakrie Center Foundation atau BCF bekerjasama dengan Komunitas Darlingqu meresmikan Bank Sampah di Jalan Kemiri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Sabtu, 1 Februari 2020. Cara ini sebagai bentuk mengajak peduli terhadap lingkungan.

Project Officer Leadership Experience and Development Program (LEAD) Indonesia, Antin Agustin menjelaskan, BCF telah membuat program LEAD Indonesia yang memang untuk melakukan pembinaan bagi para pegiat sosial. Bank sampak ini akan diterapkan dengan pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan terdekat.

Ia menambahkan, peresmian bank sampah yang melibatkan masyarakat ini juga sebagai pintu awal bagi BCF melakukan pembinaan terhadap anak-anak jalanan di Tangerang Selatan. Tujuannya sama agar peduli dengan lingkungan sekitarnya.

"Ke depannya juga selain melibatkan masyarakat, kegiatan sosial ini akan melibatkan anak-anak jalanan. Karena yang jadi tujuan kami sebenarnya adalah melakukan pemberdayaan anak-anak jalanan dengan pengelolaan lingkungan," jelasnya.

Pun, hal sama disampaikan Koordinator Darlingqu, Emil. Ia mengapresiasi kerja sama ini karena bertujuan positif.

Menurut Emil, kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga di Tangerang Selatan masih sangat minim. Kerja sama ini, lanjut dia, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Tangerang Selatan untuk mengelola sampah rumah tangga di lingkungan sekitarnya. 

"Karena kalau bukan kita-kita yang mengurusi sampah nanti kita-kita yang bisa kena imbasnya. Kita juga yang akan kena dampaknya kalau terjadi banjir, atau yang lainnya," kata Emil. 

Sementara, Wakil Ketua DPRD Tangerang Selatan Iwan Rahayu yang turut hadir ikut mengapresiasi Bakrie Center Foundation.

Menurut Iwan, persoalan sampah tak bisa diserahkan sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan saja. Namun, harus melibatkan seleruh elemen masyarakat. 

"Masalah sampah ini harus menjadi perhatian kita bersama. Masyarakat harus belajar mengelola sampah rumah tangganya. Kami di dewan, khususnya Fraksi PDIP akan mendukung penuh program sosial masyarakat dalam pengelolaan lingkungan seperti ini," kata Iwan Rahayu.

Dalam acara ini turut hadir sejumlah tokoh di Tangerang Selatan seperti Ketua DPC PDI Perjuangan Tangsel, Wanto Sugito. Ada juga Ketua Bank Sampah Tangsel Wakidi, dan Ketua Bank Sampah Pelita Ani Bersik. Acara ini sekaligus perayaan Tahun Baru lmlek 2571.