Damkar DKI Pamerkan 2 Robot Pemadam, Bisa Matikan Api di MRT

DKI pamerkan robot pemadam kebakaran dari Kroasia.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVAnews - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI memamerkan dua robot baru pemadam kebakaran, yaitu MFVF5-U3 dari Kroasia, juga LUF60 dari Kroasia. Berdasarkan pantauan VIVAnews di lokasi uji coba robot di Disgulkarmat DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020, MFVF5-U3 berupa kendaraan berat yang dikendalikan dari jarak jauh.

Sementara LUF60, juga dikendalikan dari jarak jauh, namun lebih kecil, dengan pompa, kipas, hingga roda baja. LUF60, memiliki lebar hanya 135 centimeter sehingga ditujukan untuk pemadaman jika ada kejadian kebakaran di rel Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

"LUF60 dapat membantu pemadaman di dalam MRT atau terowongan MRT dengan menggunakan 'rail kit' yang didesain untuk bisa mengangkut LUF60 dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam," dikutip dari keterangan resmi Dinas Gulkarmat DKI.

Dalam uji coba, kedua robot, memadamkan api dari jarak kurang lebih 20 meter. MFVF5-U3, selain berfungsi sebagai pemadam, juga memiliki manfaat sebagai penyelamat, pengurai material kebakaran, hingga pembersih jika ada benda berat menghalangi upaya pemadaman.

"Robotik pengurai material kebakaran dilengkapi dengan tangki air 2.500 liter, foam 500 liter, dan pemancar air atau nozzle dan memiliki pompa yang mampu menekan air di atas 15 bar sehingga sangat efektif dalam operasi pemadaman dan mampu menyemprotkan air murni sejauh 55 meter. Dengan foam, 45 meter," dikutip dari keterangan.

LUF60, memiliki cara pemadaman yang terbilang unik. Penyemprot mengkonsentrasikan dulu air di satu titik, lantas didorong oleh canon atau meriam yang membuat air memadamkan kebakaran dalam bentuk water fog (kabut air), water canon (semprotan air), atau foam (busa).

"LUF60 juga mempunyai kemampuan untuk naik dan turun tangga dengan sudut kemiringan sekitar 30 derajat, dengan mesin tenaga 140 HP (horse power)," dikutip dari keterangan.