Hadapi Corona, Anies Baswedan Kutip Hadis Nabi Muhammad

Gubernur DKI Anies Baswedan di DPR
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengimbau jemaah Salat Jumat di wilayah DKI Jakarta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona. Anies lantas mengutip hadis Nabi Muhammad SAW dan ucapan salah satu sahabat nabi, Umar bin Khattab.

"Jika kalian berada di suatu tempat yang terserang wabah, maka janganlah kalian keluar darinya. Jika kalian mendengar wabah di suatu tempat maka janganlah kalian datanginya," kata Anies pada Jumat, 13 Maret 2020.

"Umar bin Khattab pernah berkata menghindari suatu wabah bukanlah lari dari takdir Allah, tapi berpindah dari takdir Allah yang satu ke takdir Allah yang lainnya," kata Anies lagi.

Anies menegaskan bahwa jangan pernah menganggap enteng virus corona. Ia mengingatkan jemaah Salat Jumat untuk membawa sajadah masing-masing saat melaksanakan Salat Jumat.

"Saat berjamaah Salat Jumat dan ibadah salat, jamaah lainnya bawalah sajadah sendiri atau sapu tangan untuk alas sujud. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah sebelum dan sesudah Salat Jumat," kata Anies.

Selain itu, Anies juga mengingatkan untuk pengurus masjid menyelipkan pesan kewaspadaan Covid-19 dan meminta pengurus mesjid menyediakan sabun di area wudhu serta meningkatkan kebersihan masjid.

Pesan tersebut dikeluarkan Anies mengingat kasus positif corona yang ada di Jakarta dan dengan ditetapkannya Covid-19 sebagai sebuah epidemi oleh WHO.