Warga Berkumpul saat Wabah Corona, DKI: Tindakan Tak Bertanggung Jawab

Sumber :

VIVA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan, tindakan sebagian masyarakat yang malah sengaja berkumpul di luar rumah pada masa darurat corona, sebagai hal yang tidak bertanggung jawab.

Menurut Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) DKI Catur Laswanto, Pemprov DKI Jakarta berharap masyarakat benar-benar mematuhi imbauan supaya tidak dengan sengaja berkumpul di luar ruangan.

"Berdasarkan hasil evaluasi yang kita lakukan, masih ditemukan beberapa kelompok-kelompok masyarakat di beberapa sudut-sudut kota. Dan ini tentu merupakan sebuah tindakan yang sangat membahayakan. Dan menurut saya tidak bertanggung jawab," ujar Catur di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Catur mengungkapkan, pada masa darurat corona, Pemprov DKI ingin masyarakat sama-sama mengambil peran untuk memerangi virus. Cara yang dilakukan, tergolong sederhana, yaitu untuk sementara bekerja, belajar, juga beribadah di rumah. "Kita bisa memerangi penyebaran virus ini mana kala masyarakat betul-betul mengikuti seruan pemerintah," ujar Catur.

Catur mengemukakan, aktivitas di luar ruangan, untuk sementara diupayakan hanya untuk keperluan-keperluan urgent. Pemprov DKI telah bekerjasama dengan Polda, juga Kodam Jaya untuk melakukan pembubaran jika sebagian masyarakat masih saja sengaja berkumpul di luar ruangan.

"Tetap tinggal di rumah saja. Jaga jarak, dan jangan keluar kalau tidak untuk urusan yang betul-betul penting," ujar Catur.