Pemprov DKI Siagakan 5 Mobil Ambulans Bantu Pasien Corona Covid-19

Sumber :

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan mobil ambulans untuk menangani kasus wabah virus corona Covid-19 yang saat ini terjadi di Ibu Kota. Mobil ini nanti akan beroperasional dalam menjemput dan mengantar pasien yang diduga terjangkit corona.

"Yang kita operasionalkan ada 5 unit," kata Kepala Unit Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Iwan Setiawan di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020. 

Mobil ambulans ini tersebar di lima wilayah yIbu Kota. Namun, dalam operasionalnya tergantung kondisi. Jika ada suatu wilayah yang mendesak dalam penanganan maka mobil ambulans beserta tim medis ini akan bergerak.

"Penempatannya begitu tapi dalam kondisi sekarang kan tergantung kasusnya di mana. Jadi gak dipusatkan di pusat aja. Karena kan kasus setiap wilayah beda-beda," ujarnya. 

Dalam setiap ambulans, kata dia, berisi dua orang dan mereka dilengkapi dengan alat pelindung diri atau APD. 

"Oh ya, harus kalau untuk Covid-19 ini kan harus APD lengkap," katanya. 

Nantinya, bisa saja pasien yang terkena virus corona bisa langsung dirujuk rumah sakit Covid-19 yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat. Tapi, itu tergantung dari permintaan dan arahan. 

"Kalau memang perlu diantar ke sana, tergantung kordinasi Dinas Kesehatannya kan kalau kita kan tergantung permintaan, minta ke mana ya kita antar, mungkin nanti ke sana," ujarnya.