Atasi Corona, TNI-Polri Bagikan Sembako hingga Politikus Hibahkan Gaji

Sumber :

VIVA – Wabah virus Corona (Covid-19) telah berdampak luas di Indonesia. Tak hanya menebar ancaman penyakit, kondisi itu juga telah berimbas pada sektor ekonomi rakyat.

Prihatin dengan kondisi tersebut, sejumlah kalangan bahu-membahu menolong mereka yang membutuhkan. Seperti yang dilakukan sejumlah personel TNI dan Polri di Depok, Jawa Barat, Sabtu, 11 April 2020.

Dipimpin oleh Danramil Sukmajaya, Kapten Inf Suyono, puluhan aparat ini menyambangi langsung sejumlah rumah warga yang hidup di bawah garis kemiskinan. Pria yang akrab disapa Yono itu mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk dukungan TNI-Polri terhadap pemerintah guna mempercepat penanganan virus Corona atau Covid-19.

“Kami sengaja mendatangi langsung warga dari pintu ke pintu, dengan harapan mereka tetap di rumah. Adapun sasaran kami ialah warga yang memang tercatat tidak mampu dan sedang sakit,” katanya didampingi Kapolsek Sukmajaya, Ajun Komisaris Polisi Ibrahim.

Selain membagi-bagikan sembako secara gratis, TNI-Polri juga melakukan pemeriksaan kesehatan pada sejumlah warga tersebut. “Alhamdulilllah, tadi kita cek suhu tubuh warga normal,” ujarnya.

Yono mengaku, mereka yang mendapat bantuan rata-rata adalah orang yang tak memiliki penghasilan tetap dan sedang sakit. Terkait hal itu, Yono pun mengimbau agar warga tetap mematuhi anjuran pemerintah. “Imbauannya tetap di rumah, jaga jarak dan jaga kesehatan. Insya Allah dengan semangat gotong royong kita bisa melewati musibah ini,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku sangat bersyukur dengan adanya perhatian ini. Sebab, sejak pandemi global itu terjadi, sebagian besar dari mereka nyaris kehilangan mata pencaharian. “Terima kasih banyak bapak-bapak TNI-Polri, semoga niat baik bapak-bapak mendapat limpahan pahala dari Allah,” kata Ida, seorang warga seraya menahan tangis.

Hibahkan Gaji

Sementara itu, pimpinan pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan instruksi kepada seluruh kadernya yang menjadi anggota legislatif, untuk menghibahkan gaji mereka guna membantu percepatan penanganan virus Corona (Covid-19). 


        
Keputusan itu pun diakui oleh Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Imam Budi Hartono kepada wartawan, Sabtu, 11 April 2020. 

Imam menjelaskan, instruksi itu bertujuan untuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan ekonomi karena wabah Covid-19. "Ini kami dari anggota DPRD dari PKS diminta untuk memberikan gaji kepada masyarakat, baik dari sisi penanganan Covid-19 maupun dari sisi ekonomi sosialnya," katanya saat membagikan makanan terhadap sejumlah pengendara di kawasan Depok, Jawa Barat.

Tak hanya itu. Mereka yang berada di posisi pengurus partai dan anggota dewan dari PKS juga memberikan bantuan dari kantong pribadinya masing-masing. 

Imam mengaku, menyumbang 2.000 masker dan hand sanitizer kepada masyarakat. "Selain itu kami juga melakukan penyemprotan gratis untuk rumah ibadah dan kampung-kampung warga," ujarnya.
        
Kemudian, dia juga membagi-bagikan sebanyak 6 ton beras baik secara langsung maupun melalui struktur partai. "Kami juga melakukan kegiatan Jumat berkah dengan membagi makan siang untuk para tukang ojek pangkalan, ojol, supir taksi dan angkot," ujar Imam.