Anies Yakin Jakarta Jadi Daerah Pertama Pulih dari Corona

Sumber :

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yakin, Ibu Kota akan menjadi daerah pertama di Indonesia yang pulih total dari efek corona.

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, sejak Januari 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sudah mengerahkan semua sumber daya menghadapi virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

"Di tempat ini (Jakarta), dampak itu terasa paling cepat dan insya Allah di tempat ini, recovery (pemulihan) juga berjalan paling cepat," ujar Anies dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Jakarta secara virtual, Kamis, 23 April 2020.

Anies menyampaikan, sebagai pintu gerbang internasional, Jakarta menjadi daerah yang terparah dihantam efek corona. Selain perekonomian lokal terganggu, ekonomi nasional juga melambat karena aktivitas-aktivitas usaha di Ibu Kota tersendat. "Di tempat ini, dampak itu terasa paling cepat," ujar Anies.

Anies mengemukakan, langkah-langkah penanganan yang sudah dilakukan Pemprov DKI Jakarta sejak awal tahun, akan terlihat hasilnya saat perkembangan wabah melambat. Anies yakin saat hal itu terjadi, ekonomi Jakarta akan bergeliat lagi lalu mendorong juga laju ekonomi Indonesia.

"Kita juga perlu optimis bahwa insya Allah nanti Jakarta yang pertama kali recover dan menggerakkan perekonomian se-Indonesia," ujar Anies.