Antrean Penumpang Mengular di Bandara Soetta, Ini Kata Polisi

Sumber :

VIVA – Penumpukan penumpang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 14 Mei 2020. Pihak kepolisian menegaskan telah menerapkan upaya jaga jarak. 

"Aparatur gabungan sudah berusaha menerapkan prinsip psychal distancing," ujar Kepala Satuan Reserse Krimonal Polres Bandara Kota Soekarno-Hatta, Ajun Komisaris Polisi Alexander Yurikho saat dihubungi wartawan, Kamis, 14 Mei 2020.

Polisi menjelaskan kalau yang terjadi bukan penumpukan penumpang. Hal tersebut adalah proses pemeriksaan, dalam rangka proses penerbangan dengan penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

"Yang ada adalah proses yang berjalan dalam rangka proses penerbangan dengan penerapan protokol pencegahan penyebaran covid-19," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kelonggaran penggunaan transportasi umum saat pandemi virus Corona atau Covid-19 menyebabkan adanya penumpukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 14 Mei 2020.

Dikonfirmasi kepada pihak PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soetta, penumpukan itu terjadi pada penerbangan domestik di area Terminal 2, Bandara Soetta pada pukul 04.00 WIB. Di sana, terjadi antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan.

Senior Manager Branch Communications and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga mengatakan, pihaknya telah berupaya penuh mengatur antrean. Namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

"Antrean itu terjadi di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB. Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink," katanya.