Anies Baswedan Ingatkan Warga Tak Boleh Keluar Rumah saat Idul Fitri

Sumber :

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan bahwa warga Ibu Kota tetap tidak dibolehkan keluar rumah saat Idul Fitri 1441 Hijriah.

Menurut Anies, kedisiplinan tetap harus diterapkan karena Jakarta sedang berada di tahapan krusial Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pengendalian wabah virus corona. "Tetaplah berada di rumah pada hari menjelang Lebaran, di hari Lebaran, dan hari-hari sesudah Lebaran," ujarnya di Balai Kota DKI, Jumat, 22 Mei 2020.

Kegiatan masyarakat yang biasanya semarak di masa Idul Fitri memiliki potensi tinggi malah menjadi sarana baru penyebaran Covid-19. Sementara, sejak Maret, warga sudah bersama-sama berusaha menekan penularan wabah itu.

"Menuju hari Idul Fitri, banyak dari kita yang melakukan kegiatan di luar rumah, baik berbelanja atau kegiatan persiapan Idul Fitri. Itu semua punya potensi terjadinya penularan," ujar Anies.

Merujuk imbauan yang telah diungkapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), umat Islam diharapkan beribadah di rumah mereka selama masa wabah. Anies ingin imbuan dipatuhi sehingga wabah Covid-19 bisa cepat dituntaskan di Jakarta.