30.900 Kendaraan Hendak Mudik Diputar Balik Selama 29 Hari Penyekatan

Larangan mudik polisi melakukan penyekatan kendaraan keluar Tol Cikarang Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saptono

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, selama 29 hari penyekatan dilakukan, sebanyak 30.900 kendaraan coba keluar Jadetabek guna mudik. Jumlah ini terhitung sejak 24 April-22 Mei 2020.

"Total 30.900 kendaraan coba keluar Jadetabek selama 29 hari," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu 23 Mei 2020.

Jika dirinci, paling banyak warga coba keluar Jadetabek lewat Pintu Tol Cikarang Barat. Di titik ini tercatat ada 14.116 kendaraan coba keluar. Disusul jalur arteri terbanyak dengan jumlah 14.116 kendaraan. Yusri mengatakan, sebanyak 5.095 kendaraan lainnya coba keluar lewat Pintu Tol Bitung/Cikupa.

Dia menambahkan, selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 volume arus kendaraan tak banyak meningkat. Tapi, pada H-5 dan H-4 Lebaran mulai terjadi peningkatan arus kendaraan. Puncaknya pada 21 Mei lalu yang mencatat jumlah terbanyak, 4.112 kendaraan diputarbalikkan.

"Memang sepertinya orang memaksakan diri untuk tetap (mudik), walaupun ada imbauan pemerintah larangan mudik. Sempat melonjak cukup tinggi dalam sehari bisa 4 ribu (kendaraan) lebih dan tadi malam juga sama," kata dia.

Selain itu, Yusri mengklaim, anggota di lapangan semakin tegas dalam menerapkan aturan larangan mudik. Buktinya, masyarakat yang keluar Jakarta dengan alasan untuk bekerja sudah tidak akan diterima. Sebab, saat ini sudah memasuki hari libur dan tidak ada perkantoran yang beroperasi.

"Bagi orang-orang yang mudik yang kemarin beralasan saya kerja di tempat (tujuan) tersebut, saya pulang kerja, sekarang karena tidak ada kerja maka siapa pun yang keluar dari wilayah kota Jakarta akan kita kembalikan semuanya," katanya lagi.