14 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Rawasari Ditutup Tiga Hari

Pasar Rawasari Cempaka Putih ditutup
Sumber :
  • VIVAnews/Wilibrodus

VIVA – Pasar Rawasari atau Pasar Rawa Kerbau yang berlokasi di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat ditutup. Hal tersebut dilakukan lantaran ada temuan kasus virus Corona atau Covid-19 di pasar tersebut.

Diketahui, sebanyak 14 pedagang di pasar tersebut terkonfirmasi positif positif Covid-19. Fakta tersebut diketahui seusai petugas medis dari Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih memeriksa para pedagang pada Kamis 5 Juni 2020, Jumat, 6 Juni 2020 dan Senin, 8 Juni 2020.

Baca: Anies: Mal di Jakarta Dibuka Kembali 15 Juni

Berdasarkan pantauan pada hari ini, Jumat, 12 Juni 2020, seluruh lapak yang berada di pasar tersebut tutup. Dari bagian belakang pasar, terpampang sebuah banner pemberitahuan berisi ihwal ditutupnya pasar itu.

"Dalam rangka pandemi Covid-19, Pasar Rawasari ditutup sementara selama tiga hari untuk dilakukan penataan ulang protokol kesehatan Covid-19. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih," demikian tulisan dalam banner yang dipasang oleh pihak Kecamatan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat. 

Saat ini, akses masuk dari bagian depan pasar sudah ditutup. Terlihat juga beberapa petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjaga di depan pintu masuk Pasar Rawasari ini.

Saat berkesempatan keliling di dalam Pasar Rawasari melalui pintu belakang, pasar tersebut tampak kosong dan sepi. Seluruh kios ditutup oleh para pedagang, seperti kios penjualan daging, ikan segar, serta kebutuhan pokok lainnya.

Berdasarkan tes swab yang dilakukan beberapa waktu lalu terhadap para pedagang di pasar tersebut ditemukan 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Tercatat ada 202 pedagang yang telah menjalani tes swab tersebut.

Para pedagang itu berdomisili di Cempaka Putih dan di luar Cempaka Putih yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini rata-rata merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan selanjutnya menjalani isolasi mandiri.