Ratusan Pedagang Pasar Rawa Belong Jalani Swab Test Massal

Ratusan pedagang Pasar Rawa Belong menjalani test swab massal.
Sumber :
  • VIVAnews/ Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Ratusan pedagang di Pasar Bunga Rawa Belong, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat menjalani swab test massal. Swab test melibatkan Puskesmas Kebon Jeruk, terdata sebanyak 200 orang.

Wakil Camat Kebon Jeruk Agus Satiawan mengatakan, swab test massal itu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. "Ada 200 (orang) yang jalani swab massal. Mereka terdiri dari pedagang dan pengurus pasar," kata Agus ditemui di aula Pasar Rawa Belong, Senin, 15 Juni 2020.

Pada pukul 10.00 WIB, hanya ada puluhan pedagang yang duduk menunggu untuk menjalani swab test. Namun setelah melewati pukul 12.00 WIB, pedagang yang menjalani swab test mulai banyak. Bahkan hingga ratusan orang.

Belasan petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) terlihat mendata para pedagang tersebut. Antrean terlihat cukup tertib. Petugas dari kepolisian, TNI, serta Satpol PP mengawasi jalannya swab test.

Agus menjelaskan, pihak kecamatan sudah mendata pusat-pusat keramaian di Kebon Jeruk untuk diadakan swab massal. "Kemungkinan swab massal di pasar-pasar akan gencar kami lakukan sepekan ini," ujar Agus.

Sebelumnya, Puskesmas Kebon Jeruk juga telah menggelar swab test massal di sebuah pasar di Sukabumi Selatan. Di sana 170 pedagang menjalani swab test. Hasil swab test akan keluar Rabu, 17 Juni 2020. "Artinya semakin banyak kami swab maka semakin banyak kami bisa mematahkan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Pedagang yang positif Covid-19 akan menjalani isolasi mandiri atau dibawa ke RS Wisma Atlet.