Viral Ada Makam di Gang Padat Penduduk, Begini Riwayatnya

Makam berlokasi di gang padat penduduk, di Pisangan Lama, Jaktim.
Sumber :
  • VIVAnews/ Kenny Putra (Jakarta)

VIVA – Tiga makam yang berada di sebuah gang padat penduduk di kawasan Jalan Pisangan Lama, Pulogadung RT 3 RW 4, Jakarta Timur, mendadak viral di media sosial. Tiga makam tersebut merupakan makam keluarga yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Menurut Basir, ketua RT setempat, makam tersebut merupakan makam sebuah keluarga yang sudah ada sejak tahun 1940. Tak jarang, setiap bulan suci Ramadhan, ada keluarga yang datang untuk berziarah.

"Sejak saya lahir sudah ada ini makam keluarga yang tersisa. Tinggal makam ini aja yang lainnya sudah dipindahkan ke pemakaman umum, jika memang ingin dipindahkan pihak Pemda temukan keluarga makam ini. Makamnya sudah ada sejak tahun 1945 di gang ini ada 3 makam," kata Basir, di Jakarta, Selasa, 16 Juni 2020.

Selain tiga makam tersebut, menurut Basir, masih terdapat sejumlah makam lain di beberapa titik di kawasan RT tersebut. Masyarakat tidak ada yang merasa terganggu dengan keberadaan makam tersebut.

"Di sampingnya banyak. Kalau yang di samping enggak terganggu, untuk masyarakat di sini tidak ada yang terganggu paling warga pendatang aja yang takut lewat sini menjelang puasa sini beberapa orang nyekar," ujar Basir.

Sementara itu, pihak Kelurahan Pisangan Timur mengaku siap membantu jika warga ingin makam yang ada di jalan tersebut dipindahkan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).

"Sampai saat ini kami sudah menanggapi permasalahan yang ada di wilayah, kami konsultasi dulu dengan keluarga sekitar yang memiliki makam ini kendalanya seperti apa. Kalau kami dari pemerintah kami bersedia untuk memindahkan makam ini, untuk aspal ini swadaya masyarakat makanya ada batas-batas dan tidak tutup semuanya," ujar Kasie Pemerintahan Pisangan Tim Caroline Endoh.