73 Pedagang di Papua Reaktif Corona, Sejumlah Pasar Tetap Buka

Pedagang mengangkut bahan pangan di pasar. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Sebanyak 73 orang pedagang tradisional di Pasar Youtefa Abepura, Kota Jayapura, Papua reaktif Covid-19, setelah menjalani rapid test pada Senin, 22 Juni 2020. Rapid test dilakukan selama tiga hari, mulai Senin, 22 Juni hingga 24 Juni 2020 untuk 1.800 orang pedagang di Pasar Youtefa Kota Jayapura.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Corona Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan, hingga saat ini sudah 523 orang pedagang yang mengikuti rapid test. Mereka yang hasilnya reaktif akan menjalani tes swab.

"Dari hasil rapid test, 73 orang pedagang reaktif Covid-19, lalu dari hasil reaktif ini ada 30 orang yang sudah melakukan swab. Namun, hasilnya belum keluar, masih di laboratorium kesehatan. Kita tunggu semoga hasilnya negatif," kata Rustan Saru, Selasa 23 Juni 2020.

Rustan yang juga wakil wali kota Jayapura menjelaskan, sebelumnya rapid test dilakukan di Pasar Cigombong Kotaraja, Kota Jayapura. Dari 245 pedagang yang melakukan rapid test, sebanyak empat pedagang reaktif Corona.

"Kami berharap hasilnya negatif juga. Jika di sejumlah pasar tradisional hasilnya lebih banyak negatif, kami yakin pada awal Juli nanti penerapan kenormalan baru di Kota Jayapura dapat dilakukan," katanya.

Adapun Pasar Youtefa Abepura dan Pasar Cigombong Kotaraja tetap buka atau beroperasi. Baik penjual maupun pembeli tetap diimbau untuk menaati protokol kesehatan. Meski begitu, belum semua pihak menaatinya.

Pemkot Jayapura telah melakukan rapid test massal kepada warganya sejak Maret hingga Juni dengan total 19.004 warga. Adapun rincian yang reaktif Corona sebanyak 1.672 orang dan sebanyak 740 warga positif Covid-19.