Cara Polda Metro Bantu Masyarakat Lawan Hoax saat Pandemi Covid-19

Kapolda Metro Jaya meresmikan website polisikita.id
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace

VIVA – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya meluncurkan portal polisikita.id. Website polisikita.id sebagai layanan informasi kepolisian terkait pandemi Covid-19 agar dapat memberikan kemudahan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. 

Portal tersebut menyajikan layanan informasi yang teraktual terkait layanan tanggap Covid-19 Metro Jaya. Portal ini juga bekerja sama dengan berbagai instansi, baik dari Gugus Tugas Covid-19 (BNPB), Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Sosial.

”Polisikita.id dilengkapi dengan kanal siber hoax yang mengedepankan seluruh informasi hoax untuk diluruskan ke publik, agar tak menimbulkan keresahan kepada masyarakat luas. Kanal ini menjadi penting agar masyarakat dapat menjadikan portal polisikita.id sebagai rujukan informasi mencari kebenaran," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol Argo Yuwono di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 23 Juni 2020.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana, menambahkan, portal ini dapat memberikan informasi lebih kepada publik terkait tanggap Covid-19 dan ini merupakan inovasi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mendekatkan masyarakat dengan polisi.

”Saya bangga dan mengapresiasi serta mengucapkan selamat atas hadirnya portal polisikita.id. Dengan tampilan yang menarik, saya berharap portal ini mampu mengedukasi masyarakat luas dan memberikan informasi cepat terkait penanganan Covid-19, dan diharapkan portal ini memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujar Nana.

Terpisah, Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Roma Hutajulu menjelaskan, dia dan jajarannya akan semakin intens memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat. Konten polisikita.id juga mengandung konten edukasi tambahan seperti edukasi informasi tentang bahaya hoax/hatespeech yang terjadi memanfaatkan misinformasi/disinformasi/mal-informasi pandemi Covid-19, sehingga dapat membantu tugas polisi dalam menjaga kamtibmas melalui peran serta masyarakat yang teredukasi dan terinformasi untuk mencegah penyebarluasan berita hoax dan hatespeech.

”Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan arahan kapolda. Dan kami segenap jajaran di Ditkrimsus akan memaksimalkan pengelolaan website ini dalam memberikan informasi layanan Polda Metro Jaya secara komprehensif. Termasuk juga informasi hoax yang banyak tersebar di media sosial yang belum pasti kebenarannya, kita wajib luruskan,” katanya.