Aplikasi Penangkal Hoax Covid-19 Diluncurkan, Ini Harapan Kapolri

Kapolda Metro Jaya meresmikan website polisikita.id
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace

VIVA – Kapolri Jenderal Idham Azis mengapresiasi jajaran Polda Metro Jaya yang meluncurkan portal polisikita.id untuk menyampaikan informasi berkaitan dengan pandemi virus Corona atau Covid-19. Hal ini disampaikan melalui Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

”Kapolri sampaikan, terobosan kreatif ini harus dicontoh oleh polda lainnya,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 23 Juni 2020.

Kapolri, kata Argo, mengapresiasi kinerja kepolisian di jajaran Polda Metro Jaya. Karena, dengan adanya website polisikita.id, diharapkan mampu menjadi layanan informasi kepolisian terkait pandemi Covid-19, sehingga dapat memberikan kemudahan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

"Semoga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh terkait pandemi Covid-19 ini,” ujar Argo. 

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Sahroni mengatakan, diluncurkanya portal polisikita.id merupakan ide yang berlian oleh Polda Metro Jaya dalam upaya memberikan informasi yang utuh kepada masyarakat. 

Karena, upaya itu memberikan perkembangan dalam penyediaan informasi yang dihimpun langsung dari kementerian dan lembaga serta Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. 

“Ide yang berlian dan patut diapresiasi agar semua informasi secara utuh didapat oleh masyarakat, karena banyak sekali informasi hoax yang memprovokasi satu sama lain. Baru pertama kali dilihat ada portal ini dan ini menunjukkan polisi sudah menyatu dengan rakyat,” kata politikus Nasdem ini.

Polisikita.id juga mengandung konten edukasi tambahan, seperti edukasi informasi tentang bahaya hoax/hatespeech yang terjadi memanfaatkan misinformasi/disinformasi/mal-informasi pandemi Covid-19, sehingga dapat membantu tugas polisi dalam menjaga kamtibmas melalui peran serta masyarakat yang teredukasi dan terinformasi untuk mencegah penyebarluasan berita hoax dan hatespeech.

Portal polisikita.id ini resmi diluncurkan di lobi Direktorat Reserse Kriminal Khusus di Mapolda Metro Jaya, Selasa pagi, 23 Juni 2020 dan dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana, Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Roma Hutajulu dan juga para pejabat utama Polda Metro Jaya.