Viral, Pesepeda Bule Nekat Ngebut Lawan Arus di Jalan Raya Jakarta

Ilustrasi sepeda.
Sumber :
  • U-Report

VIVA - Selama pandemi COVID-19, banyak masyarakat, termasuk warga asing atau para bule, memilih berolahraga dengan menggunakan sepeda untuk menjaga badan tetap sehat. Tren bersepeda di Ibu Kota pun semakin digandrungi. Bahkan penjualan kendaraan roda dua ini meningkat drastis.

Baru-baru ini di media sosial digegerkan dengan aksi seorang pesepeda bule. Dia terlihat nekat mengayuh sepeda dengan kencang sambil melawan arus jalan raya yang cukup ramai kendaraan.

Baca juga: Gowes Sepeda di Malam Hari Picu Paru-paru Basah?

Video ini salah satunya diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii dan telah ditonton hingga 71 ribu orang. Dalam unggahannya diketahui pesepeda tersebut adalah seorang warga negara asing, yang mengayuh sepedanya di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Seorang pesepeda bule nekat lawan arah lalu lintas. Dalam video tampak seorang pesepeda bule dengan lihai mengayuh sepedanya meski jalanan ramai. Bahkan ia memperlihatkan kegesitannya saat bersepeda melewati kemacetan arus lalu lintas, termasuk bagaimana ia lawan arah di jalan raya."

"Pesepeda bule tersebut mengibaratkan mobil dan motor yang ada di jalan seperti rintangan yang harus dilalui," tulis akun @ndorobeii, Selasa, 14 Juli 2020.

Aksi itu dilakukan di Jakan R.E. Martadinata, Ancol, Jakarta Utara. Aksi dilakukan saat jalanan cukup ramai dilalui pengendara, bahkan tak sedikit truk dan bus besar yang lewat. Tapi itu tak menghalangi pesepeda bule terus memacu kecepatannya.

Belakangan diketahui pesepeda tersebut adalah seorang pria asal Amerika Serikat bernama Lucas Brunelle. Aksinya dilakukan di Jakarta tahun lalu saat ia mengunjungi Ibu Kota dalam rangka mengikuti 'Cycle Messenger World Championships'. Ia mengunggah video tersebut di channel YouTube-nya pada 17 September 2019 lalu.

Videonya mendapatkan banyak komentar negatif dari warganet. Mereka menganggap aksi itu bukan saja membahayakan diri sendiri, tapi juga membahayakan pengendara lain yang melintas.

"Tangkaplah orang ini, membuat kegaduhan di jalan raya," tulis warganet @binti.ibraheem

"Kalo di negaranya dia itu kalo jalan yg bener di sebelah kanan.. mungkin pikiran dy banyak yg salah jalan lawan arus," ujar @meggy_89

"Meski lihat tetap saja melanggar, diusut dong kasih peringatan jangan semena-mena apalagi di negara orang," tulis netizen @devanohilam.

(ase)