Makam di Bekasi Dibongkar, Jenazah Dicuri

Ilustrasi jenazah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pencurian jenazah yang telah dimakamkan terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Karangbahagia, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jenazah yang dicuri tersebut baru dimakamkan Maret lalu.

Kapolres Metro Bekasi Kabupaten Komisaris Besar Polisi Hendra Gunawan mengatakan, identitas jenazah yang hilang berinisial AP yang baru saja dimakamkan pada Maret 2020. "Warga yang menemukan jenazah itu hilang pada Kamis 16 Juli 2020," kata Hendra, saat dikonfirmasi Minggu, 19 Juli 2020.

Atas temuan itu, warga langsung melaporkan ke pihak kepolisian. Kemudian, polisi langsung melakukan pemeriksaan ke lokasi.

Baca juga: Nenek Pembawa Jasad Cucu Awalnya Disangka Pencuri

Sesampainya di lokasi, kata Hendra, polisi bersama keluarga melakukan pemeriksaan. Di lokasi, tampak pemakaman sudah dalam keadaan menganga dan papannya sudah berada di atas. "Setelah dicek benar jenazahnya sudah tidak ada," katanya.

Bukan itu saja, Hendra mengungkapkan, ada juga pemakaman keluarga di Cikarang Utara diduga hendak dibongkar. Sebab, ada jejak bekas rencana penggalian. "Baru dugaan saja karena ada kerukan," ujarnya.

Kini, pihak kepolisian masih menyelidiki kasus pencurian jenazah tersebut. Sejumlah saksi seperti penggali kubur juga akan diperiksa. Menurut dia, belum ada indikasi pencurian jenazah itu lantaran pasugihan. "Belum bisa diarahkan ke sana, sampai pelaku ditemukan," ujarnya.