Heboh Babi Ngepet di Depok, Ternyata Cuma Musang

Foto diduga babi ngepet di Depok
Sumber :
  • VIVA / Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kota Depok akhirnya turun tangan, mengusut penampakan hewan misterius yang diyakini adalah babi dan sempat viral di media sosial. Kasus itu kian menjadi sorotan karena dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kota Depok, Denny Romulo, meyakini, jika hewan tersebut bukanlah babi melainkan musang. Dugaan itu diperkuat karena salah satu warga yang kini sudah pindah memang memiliki musang berukuran besar.

“Kita sudah kroscek ke beberapa orang dan lurah di sana, mirip musang terkait pemberitaan babi berkeliaran,” ujar Denny pada Senin 20 Juli 2020.

Baca jugaIni Lokasi Razia Polisi di Jakarta, Pelanggar Siap-siap Ditilang

Denny menyebut, makhluk misterius yang menurutnya adalah musang itu tadinya adalah hewan peliharaan warga setempat. Namun, si pemilik sudah pindah tiga tahun lalu. “Nama yang punyanya Bang Melet. Pindah ke Jogja katanya. Dia itu tadinya tinggal di RT 2 RW 11,” kata dia.

Dia mengungkapkan, tadinya ada empat ekor musang yang dimiliki oleh Melet. Musang-musang tersebut memang berukuran cukup besar. Denny meyakini, yang terlihat oleh warga dan sempat viral di media sosial adalah salah satu musang tersebut.

“Musangnya memang ukuran jumbo (besar). Empat ekor. Pernah terlihat di Cakalele, musangnya walau gendut tapi lincah,” tuturnya.

Menurut Denny, keyakinan ini juga diperkuat dengan hasil pengamatannya pada CCTV yang merekam kejadian tersebut. “Kalau babi, matanya tidak bersinar di malam hari. Kalau musang, punya kemampuan mata seperti kucing,” ujarnya

Peristiwa hebohnya penampakan hewan yang disebut-sebut menyerupai babi itu terjadi di Jalan Tarumanegara IV, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Warga yang mengejar meyakini jika hewan bertubuh gempal itu adalah babi. Kejadian itu viral lantaran terekam CCTV dan diunggah ke media sosial. Sejumlah warga dan netizen pun akhirnya mengaitkan penampakan makhluk misterius itu dengan hal-hal mistis. (art)