Hari Terakhir Libur Lebaran Idul Adha, Pintu Masuk Jakarta Masih Sepi

Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur Masih Sepi Dari Arus Balik Idul Adha
Sumber :

VIVA – Hari terakhir libur lebaran Idul Adha 1441 H/2020 belum terjadi peningkatan volume kendaraan yang memasuki wilayah Jakarta. Khususnya dari pintu masuk Ibu Kota di Jakarta Timur. 

Seperti yang terlihat dari pantauan VIVA, tepatnya di Jalan Inspeksi Kalimalang, perbatasan Jakarta-Bekasi pada Minggu 2 Agustus 2020. Nampak arus lalu lintas masih terpantau ramai lancar dari arah Bekasi ke arah Jakarta.

Sebaliknya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Bekasi terpantau ramai cenderung macet. Belum ada peningkatan volume yang mengindikasikan terjadinya arus balik pasca-libur panjang lebaran.

Baca juga: Mulai Senin, Ganjil Genap Kembali Diterapkan di DKI Jakarta

Volume kendaraan di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang masih terpantau ramai lancar. Sementara itu di exit tol Jatiwaringin, kendaraan yang keluar menuju Jakarta terpantau sepi. Namun, kendaraan dari arah Pondok Gede menuju Jalan Inspeksi Kalimalang terpantau ramai. 

Selain itu, di pos pemantau PSBB Lampiri terlihat petugas gabungan yang tetap melaksanakan pemeriksaan penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker. Petugas sekaligus melaksanakan penindakan dalam rangka Operasi Patuh Jaya 2020.

"Di pos ini kita hanya melaksanakan Operasi Patuh Jaya dan pemeriksaan pelanggaran Pergub 51 tahun 2020 bersama TNI dan Satpol PP. Sementara itu untuk pemantauan arus balik ada di exit tol Jatiwaringin, Pangakalan Jati," jelas Iptu Eko Budi di Pos PSBB Lampiri.

Puncak dari arus balik sendiri memang diprediksi akan terjadi selama dua hari, yakni pada Minggu 2 Agustus 2020 hari ini, dan Senin 3 Agustus 2020. Aktivitas masyarakat sudah mulai kembali seperti biasa. (ren)