Anies Izinkan Bioskop di Jakarta Dibuka Lagi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat. Source: Dok. Pemprov DKI
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana dalam waktu dekat membuka kembali bioskop yang sebelumnya ditutup karena adanya wabah virus Corona atau COVID-19 ini.

“Dalam waktu dekat bioskop akan kembali dibuka,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam konferensi pers “Pembukaan Bioskop di DKI Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19” di Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Rabu, 26 Agustus 2020.

Baca juga: Dua Jenderal Polisi Akui Terima Aliran Dana dari Djoko Tjandra

Apabila nantinya bioskop dibuka, kata Anies, para penyelenggara maupun masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19 tersebut. “Akan ditegakkan lewat regulasi yang detail dan pengawasan ketat sehingga pelaku industri taat dan tanpa memberikan risiko serta aman,” ujarnya.

Anies akan menyiapkan regulasi yang cepat, semua unsur-unsur tentang kualifikasi siapa yang bisa nonton, pemesanan tiket harus secara online dan tidak ada pembelian di lokasi.

Kemudian, warga juga harus menggunakan masker, pembersihan, pengaturan tempat duduk serta kewajiban untuk menaati 3 M; menggunakan makser, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.  

Kata Anies, para pelaku usaha bioskop sudah dalam bersiap sejak bulan Juni sejak DKI masuk transisi. “Persiapan silakan dilakukan keputusan melihat kondisi Jakarta, bagaimana kesiapan untuk dieksekusi,” katanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, pembukaan bioskop itu berdasarkan kajian dari tim pakar dan studi terhadap 47 negara yang sudah membuka bioskop pada saat ini. “Di Korea Selatan  puncak pandemi mereka bioskop tidak ditutup,” ujarnya.