Tiga Pabrik di Bekasi Jadi Klaster Penyebaran COVID-19

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah.
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Penyebaran virus Corona di kawasan industri Kabupaten Bekasi terus bertambah. Kini, sudah ada tiga perusahaan yang teridentifikasi karyawannya positif Corona.

Ketiga perusahaan itu, PT LG Electronics, PT Suzuki, dan PT NOK. Untuk PT NOK yang memproduksi sparepart mobil itu baru diketahui pada pekan lalu sebanyak 88 orang.

"Betul ada 88 orang yang terkonfirmasi positif di PT NOK," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah kepada VIVA, Senin 31 Agustus 2020.

Baca juga: Aduh, Bekasi Overload Spesimen Tes Swab COVID-19

Alamsyah menambahkan, dari 88 orang yang terpapar, sudah ada enam orang yang sembuh. Dan, kata dia, perusahaan tersebut untuk sementara waktu ditutup. "Sudah ditutup sebagian unit produksi," katanya.

Namun, kata Alamsyah, penyebab penularan COVID-19 ini masih dalam tracing. Pihaknya belum mengetahui pasti dari mana sumber penularan. "Belum tahu," jelasnya.

Sebelumnya, Alamsyah mengaku, ada 71 karyawan Suzuki Indonesia yang berlokasi di Tambun, Kabupaten Bekasi, terkonfirmasi positif COVID-19. "Benar ada laporan dari manajemen sebanyak 71 orang karyawan," tuturnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya kali ini tengah melakukan penelusuran atau tracing ke orang-orang yang pernah kontak langsung. "Kami masih dalami kontak eratnya, masih kami lakukan tracing," katanya. (art)