Saefullah Jadi Sekda DKI dari Zaman Jokowi hingga Anies

Saefullah / Sekda DKI Jakarta
Sumber :
  • Instagram/aniesbaswedan

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria turut berbelasungakwa atas wafatnya Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah. Saefullah meninggal dunia karena Corona atau Covid-19.

"Innalillahi telah berpulang ke rahmatullah Bapak Sekda Pemprov DKI Saefullah jam 12.55 WIB meninggal di RSPAD Jakarta," ujar Ahmad Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 16 September 2020.

Baca juga: Sekda DKI Saefullah Meninggal karena Corona

Riza menceritakan bahwa sosok Saefullah merupakan orang yang pekerja keras dalam bekerja, serta tanggungjawab dalam mengemban amanah yang diberikannya. "Beliau sangat baik bekerja penuh tanggungjawab sepenuh hati, merupakan motor penggerak Pemprov DKI," ujarnya. 

Ternyata, kiprah Saefullah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI ini sudah cukup lama. Mulai sejak jaman Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

Kemudian, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI, setelah itu Djarot Saiful Hidayat ketika itu menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Selanjutnya, ketika Anies Rasyid Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada saat ini.

Artinya, sudah empat gubernur almarhum Saefullah menjabat dan mengabdi sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta. 

"Hampir tujuh tahun lebih jadi Sekda sejak zaman Pak Jokowi hingga hari ini. Tentu kami sangat kehilangan mudah-mudahan beliau husnul khotimah," katanya.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Saefullah disampaikan Anies Baswedan.

"Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Telah dipanggil pulang ke rahmatullah Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 di RSPAD-GS," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan melalui pesan singkat di Jakarta. 

Anies menyebutkan, bahwa Saefullah merupakan orang yang baik, soleh dan bekerja keras dalam mengemban amanah. 

"Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita," katanya. 

Karena itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengajak kepada semua masyarakat untuk mendoakan almarhum dan melaksakan salat ghaib. 

"Mohon doakan bagi semua, segera ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan salat ghaib untuk almarhum," ujarnya.

Untuk diketahui, Sekretaris Daerah  Provinsi DKI Jakarta, Saefullah dikabarkan terkena wabah virus corona atau positif Covid-19.

Hal itu dibenarkan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI Jakarta, M Taufik di Jakarta melalui pesan singkat, Selasa, 15 September 2020.