Sandiaga Beberkan Peran Saefullah Ikut Selesaikan Persoalan Jakarta

Sekda DKI Saefullah (kiri) dan Sandiaga Uno (saat masih menjadi Wagub DKI).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, merasakan duka mendalam atas wafatnya Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah yang meninggal Rabu, 16 September 2020 akibat COVID-19. 

Menurut Sandi, almarhum adalah sosok yang rajin dan juga memiliki peran besar dalam pencapaian yang didapatkan oleh DKI Jakarta.

"Prestasi DKI Jakarta untuk menyelesaikan berbagai masalah tak lepas dari peran Pak Sekda yang memiliki komunikasi sangat baik dengan teman-teman di Kebon Sirih, teman-teman DPRD DKI dan juga dengan para lembaga lain," kata Sandiaga, Rabu, 16 September 2020.

Latar belakang Saefullah yang merupakan seorang pengajar, juga membuatnya menaruh perhatian besar terhadap dunia pendidikan yang tuntas dan berkualitas di Jakarta. Saefullah, menurut Sandi, juga memiliki kepedulian luar biasa terhadap pergerakan ekonomi Jakarta terutama di akar rumput. 

"Beliau berpihak pada penciptaan lapangan kerja, sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang membangkitkan ekonomi UMKM," ujar Sandi.

Politikus Partai Gerindra ini mengingat saat Pemda DKI menghadapi lonjakan harga bahan pangan. Saat itu, dia bersama dengan Gubernur DKI Anies Baswedan bekerja dengan Saefullah untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kami berhasil saat itu mampu untuk menekan harga bahan pokok, biaya hidup, pendidikan, sehingga program DKI Pak Sekda mampu ringankan beban masyarakat, ini prestasi Pak Sekda yang perlu diapreasi," kata Sandiaga

Saat itu, menurut Sandi, Saefullah bekerja dengan sangat baik dan peran Saefullah dalam mengatasi masalah di Ibu Kota tidak bisa dikesampingkan.

"Torehan karya-karya beliau akan terus bersama kita, hari ini kita kehilangan tokoh birokrat terbaik yang bangsa ini pernah miliki bapak Haji Saefullah. Semoga bapak Haji Saefullah inspirasinya menjadi motivasi bagi rekan-rekan ASN Pemprov DKI dan menjadi teladan," ujarnya.