Masjid Agung Al-Azhar Tidak Gelar Salat Jumat Selama PSBB Total

Masjid Agung Al-Azhar Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai hari ini tidak menggelar salat Jumat. Hal itu dilakukan karena DKI Jakarta tengah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Masjid tidak ada kegiatan salat Jumat selama PSBB total," ujar Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Iding,saat dikonfirmasi, Jumat, 18 September 2020.

Iding mengatakan Masjid Al-Azhar meniadakan salat Jumat selama PSBB total berlangsung. Selain itu, dia juga mengatakan di pintu gerbang masjid juga sudah dipasang spanduk mengumumkan bahwa selama PSBB Masjid Agung Al-Azhar tidak menyelenggarakan salat Jumat.

Baca juga: Simak Enam Larangan Bersepeda di Jalan yang Diatur Permenhub

Seperti diketahui, PSBB di DKI Jakarta telah diberlakukan kembali sejak Senin, 14 September 2020 hingga dua minggu ke depan. Gubernur DKI Anies Baswedan pun mengatur pembukaan rumah ibadah selama PSBB.

"Penyesuaian tempat ibadah bagi warga setempat masih boleh digunakan asal menerapkan protokol yang ketat. Artinya rumah ibadah raya yang jemaahnya datang dari mana-mana bukan dari lokasi setempat, seperti masjid raya tidak dibolehkan dibuka, harus tutup," kata Anies dalam tayangan YouTube Pemprov DKI, Rabu, 9 September 2020.

Anies menyebut rumah ibadah yang ada di dalam kompleks tetap boleh beroperasi. Namun daerah di zona merah tetap ditutup.

"Tetapi rumah ibadah di kampung di kompleks yang digunakan oleh masyarakat dalam kampung itu sendiri dalam kompleks itu sendiri masih boleh buka. Ada pengecualian, kawasan yang memiliki jumlah kasus yang tinggi, kawasan itu ada datanya, RW-RW yang dengan kasus tinggi maka kegiatan beribadah harus dilakukan di rumah saja," tuturnya.