369 Pekerja Positif COVID-19, Pabrik Epson di Cikarang Ditutup

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi, Dr Alamsyah
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Sebanyak 369 orang pekerja pabrik PT Indonesia Epson Industry (IEI) yang berlokasi di kawasan Industri Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, terkonfirmasi positif COVID-19. Jumlah pekerja yang terpapar COVID-19 terus bertambah seiring dilakukannya tes swab kepada para pekerja.

"Kemarin 352 sekarang sudah 369 orang yang terkonfirmasi positif," kata Alamsyah di tvOne, Senin, 21 September 2020. 

Baca: Menteri Agama Fachrul Razi Positif Corona

Menurut Alamsyah, ditemukannya kasus baru setelah pihaknya bersama perusahaan melakukan tes swab ke seluruh karyawan yang berjumlah 13 ribu orang. "Jadi awal September kita melakukan tes swab. Tes ini rangkaian program pengecekan di klaster industri," katanya.

Lalu, setelah pengecekan, tepatnya tanggal 6 September hasil swab keluar. Diketahui ada sejumlah karyawan yang positif COVID-19, dan satgas langsung melakukan tracing ke orang-orang terdekat. Hasilnya sebanyak 369 pekerja yang positif COVID-19.

"Sampai sekarang dari perusahaan sudah ribuan yang diperiksa. Masih ada spesimen yang masih diperiksa beberapa hari keluar hasilnya dan kita berharap tidak ada penambahan," ujarnya.

Sebagai antisipasi meluasnya penyebaran, operasional PT Indonesia Epson Industry (IEI) ditutup sementara selama dua pekan untuk keperluan sterilisasi dan clearing. "Perusahaan mulai 19 September sampai 2 Oktober untuk keperluan clearing sudah dilakukan penutupan sementara, jadi tidak ada operasional dari perusahaan tersebut," ungkapnya.
 
Seperti yang diketahui data resmi pikokabsi.bekasikab.go.id per Senin 21 September 2020 dari jumlah total 1.914 tersebut, sebanyak 1678 dinyatakan sembuh, 48 meninggal dunia, 42 dirawat di rumah sakit.