Kelurahan Cengkareng Timur Terbanyak Kasus Aktif COVID-19 di Jakarta

Posko Tanggap Covid-19 DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat, terdata sebagai kelurahan yang miliki nilai tertinggi kasus aktif COVID-19 wilayah Jakarta Barat, bahkan di seluruh wilayah Ibu Kota DKI Jakarta.

Tingginya angka COVID-19 di Kelurahan Cengkareng Timur tersebut terdata di situs web corona.jakarta.go.id hingga Senin pagi, 21 September 2020. Dari web tersebut terhitung, kasus positif COVID-19 di kelurahan ini mencapai 99 orang.

Lurah Cengkareng Timur, Ardih Muhur, menyebutkan bahwa kebanyakan kasus COVID-19 di wilayah itu tertular dari anggota keluarganya.

"Banyak sih klaster rumah tangga," kata Ardih dikonfirmasi, Senin 21 September 2020.

Baca juga: Lama Mengabdi Jadi Alasan Jenazah Sekda DKI Dibawa ke Balai Kota

Ardih menyampaikan, biasanya yang terjadi yaitu salah satu anggota keluarga terkena COVID-19 di tempat lain seperti klaster perkantoran, pasar atau lainnya. Setelah itu, orang tersebut kontak dan menularkan COVID-19 ke anggota keluarganya di rumah.

Adapun langkah yang telah dilakukan Kelurahan Cengkareng Timur untuk mengantisipasi penularan ialah membawa seluruh pasien positif COVID-19 ke Wisma Atlet.

"Kalau kami koordinasi sama puskesmas, mengimbau warga yang kena untuk mau diberangkatkan Wisma Atlet," ujarnya.

Saat ini, pasien-pasien tersebut sudah dirujuk ke Wisma Atlet untuk menjalani pemulihan. Jumlah pasien positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali naik hingga Minggu, 20 September 2020, yakni mencapai 62.886 orang.

Dari total pasien positif COVID-19 itu, sebanyak 49.209 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 78,3 persen.

Sementara itu, 1.561 pasien di DKI Jakarta dilaporkan meninggal dunia atau setara 2,5 persen dari total kasus positif COVID-19.

Adapun hingga Minggu kemarin, jumlah kasus aktif di Jakarta sebanyak 12.116 orang. Artinya, mereka masih menjalani perawatan di rumah sakit atau menjalani isolasi mandiri. (art)