Sebanyak 23 Titik di Jakarta Barat Masih Terendam Banjir

Hujan deras Senin malam, 14 RT di Jakarta Barat dilanda banjir.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Banjir kiriman dari daerah Bogor dan sekitarnya membuat debit air di Sungai Ciliwung meningkat, yang mengakibatkan air bandang mengalir ke wilayah Jakarta. Banjir tersebut membuat 23 ruas jalan di Jakarta Barat, terendam banjir.

Kepala Pusat Data Informasi BPBD DKI, Muhammad Insaf mengatakan, terdata kebanyakan ruas jalan yang terendam banjir berada di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Ketinggian genangan air banjir bervariasi antara 10-30 sentimeter. 

Baca juga: Hujan Melanda Jakarta, Ini 8 Tips Penting Saat Banjir

"Ada 23 jalan tergenang di DKI Jakarta berdasarkan data terbaru kami," ujar Insaf dikonfirmasi, Selasa 22 September 2020.

Selain itu, hujan deras yang melanda Jakarta pada Senin malam 21 September 2020 juga mengakibatkan sedikitnya 23 titik dari 14 RT di wilayah Jakarta Barat hingga kini masih terendam banjir, Pos pengungsian pun didirikan di wilayah yang tergenang banjir. 

Ke-14 RT itu tersebar di Kecamatan Cengkareng, Kebon Jeruk, Palmerah, Grogol, Petamburan, dan Kembangan. Ketinggian air bervariasi mulai dari 10-80 sentimeter.

Genangan terbanyak terjadi di Cengkareng yakni tersebar di 17 titik. Ke-17 titik itu di antaranya Jalan Klingkit, Jalan Pulo Harapan Indah, Jalan Merpati, Jalan Bambu Larangan, Jalan Kuning, Jalan Cempaka Raya, dan Jalan H Djairi. 

Posko pengungsian

Ketinggian air di Cengkareng bervariasi yakni 10-30 cm. Insaf mengatakan saat ini satu Posko Pengungsian sudah dibangun di Jakarta Barat, yakni tepatnya di Mushola Riyadhul Saadah, Kembangan Utara, Kembangan.

Di Kebon Jeruk genangan banjir terjadi di Jalan Anggrek, RT 5 RW 2, Kelapa Dua, dengan ketinggian air 20 sampai 30 cm. Sementara di Jalan Perumahan Green Garden RT 3 RW.10, Kedoya Utara, ketinggian air mencapai 20 cm.

Selain di Kebon Jeruk, genangan juga terjadi di Palmerah. Di Palmerah genangan setinggi 15 cm terjadi di Taman Katalia Selatan RT 03/RW11, Kota Bambu Utara.

Sedangkan di Grogol Petamburan, genangan setinggi 10 cm terjadi di Jalan Latumenten 3 Barat RT10/RW 4, Jelambar. Di Kembangan genangan terdapat di dua titik yakni di Jalan Sanggrahan dan Jalan H Sarimun dengan ketinggian 15 cm sampai 30 cm. (ren)