Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

BMKG Peringatkan Potensi Tiga Fenomena Cuaca Ekstrem Dua Pekan Ini

Rabu, 21 Oktober 2020 | 06:33 WIB
Foto :
  • VIVA/Muhammad AR
Kepala BMKG, Dwikorita melakukan kegiatan siaga bencana hidrometeorologi di Titik Nol Ciliwung Telaga Saat, Bogor.

VIVA – Wisatawan yang hendak berlibur ke Bogor pada libur panjang pekan depan diimbau agar berhati-hati. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi akan ada tiga fenomena cuaca ekstrem di Bogor. 

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyampaikan adanya potensi terjadinya curah hujan tinggi, dan ditambah fenomena cuaca secara bersamaan dalam kurun dua pekan ini. Berdasarkan prediksi dan data, suhu muka air laut, yang berada jauh di Samudra Pasifik, mengalami anomali. Dampaknya bisa sampai ke Bogor. 

Baca Juga

“Saat ini sudah minus hampir mencapai 1 derajat celsius. Sementara suhu muka air laut di kepulauan maritim Indonesia hangat. Maka terjadilah gap antara suhu muka air laut di Samudera Pasifik bagian tengah ekuator dengan Kepulauan Indonesia. Fenomena ini disebut La Nina," kata Dwikorita dalam kegiatan siaga bencana hidrometeorologi di Titik Nol Ciliwung Telaga Saat, kawasan Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa 20 Oktober 2020. 

Lanjut Dwikorita, secara kebetulan saat ini sedang mengalami peningkatan curah hujan. Artinya, terjadi fenomena ganda cuaca yang akan meningkatkan curah hujan di wilayah Bogor.

"Tidak ada La Nina saja Bogor ini juara, selalu curah hujannya tinggi. Apalagi terjadi La Nina. Dampak peningkatannya bisa mencapai 20 persen hingga 40 persen,” ujar Dwikorita.

Baca juga: Prabowo Dapat Visa AS, Begini Sindiran Pedas Haris Azhar

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler