Polisi Siaga di Kedubes Prancis, Antisipasi Demo Susulan

Lalu Lintas di Depan Kedubes Prancis
Sumber :
  • VIVA/ Kenny Putra

VIVA – Sekelompok massa aksi demo di depan Kedutaan Besar Prancis, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, membubarkan diri usai melakukan orasi. Mereka memprotes pernyataan Presiden Emmanuel Macron tentang Islam.

Dengan begitu, lalu lintas di Jalan M.H Thamrin yang sempat ditutup kembali dibuka. Namun, pihak kepolisian masih berjaga di depan kedubes-prancis">Kedubes Prancis. Polisi masih bersiaga karena menerima pemberitahuan akan ada lagi massa yang mendemo kedutaan tersebut.

"(Dari) GPII, Gerakan Pemuda Islam Indonesia (akan demo di Kedubes Prancis sekitar) jam 13.00 WIB," ujar Kapolsek Menteng AKBP Guntur Muhammad Tariq, Rabu 4 November 2020.

Baca juga: Kedubes Prancis Didemo Lagi, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas

Guntur menambahkan estimasi massa GPII yang akan melakukan unjuk rasa sekitar 50 orang. Meski akan ada aksi demo, pihak Kepolisian masih belum memutuskan untuk menutup jalan Jalan MH Thamrin arah Patung Kuda Arjuna Wiwaha menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Makanya kita buka ini jalur, kita hanya sekat sampai sini, setengah saja (Jalan MH Thamrin ditutup pagar kawat duri). Kemungkinan (arus lalu lintas tidak ditutup), kita kan lihat situasi penutupan jalur itu dilihat jumlah massa. Dilihat jumlah massanya sudah terlalu menumpuk, dan jumlahnya sangat banyak baru dilakukan penutupan," jelas Guntur.

Dari pantauan VIVA, di sekitar Kedubes Prancis, lalu lintas di Jalan MH Thamrin arah Bundaran HI ramai lancar. Sebagian ruas jalan masih ditutup kawat berduri dan pembatas jalan. (ren)