Ular-ular Kobra Muncul di Bekasi Timur Regency, 12 Ekor Ditangkap

Perburuan ular Kobra di Bekasi
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Menyusul kemunculan ular-ular di permukimannya, warga Bekasi Timur Regency, Mustikajaya, akhirnya menghadirkan pawang ular untuk memburu puluhan ekor ular Kobra. Hasilnya, ada 12 ekor berukuran dewasa ditangkap pada Minggu malam, 15 November 2020.

"Kita terpaksa memanggil pawang ular untuk memburu yang belum tertangkap," kata Dedi Purnama, warga Perumahan Bekasi Timur Regency, Kota Bekasi kepada VIVA pada Senin 16 November 2020.

Alhasil, kata dia, 12 ekor ular berhasil ditangkap warga. Sembilan ekor ular berukuran 2 meter. Sisanya adalah ular anakan. Seluruh ular itu ditangkap selama pencarian sejak Minggu siang hingga malam hari. 

"Ukuran yang dewasa, memiliki panjang 2 meteran," katanya.

Dedi mengaku, kalau ditotal, seluruh ular yang sudah tertangkap 20 ekor. Namun, untuk keberadaan anak ular lainnya memang masih belum terlihat.

Mereka menggunakan jasa pawang ular, karena dianggap perlu dilakukan untuk menyisir keberadaan seluruh ular. Sebab, awalnya sudah ada induk ular Kobra yang ditangkap warga.

"Kita perkirakan masih banyak ular karena ada kulit telur yang baru saja menetas," ujarnya.

Sementara itu, warga lainnya, Didi Nuradi, menambahkan, masih ada sisa tujuh anakan dan satu jantan yang belum tertangkap. Menurut dia, total anakan ular kobra yang berhasil ditangkap sudah 14 ekor. "Anaknya yang terakhir ditangkap jatuh dari genteng," tuturnya.

Didi mengatakan, sebelum ditemukan sarang ular kobra di sana, rumahnya sempat didatangi anakan ular yang baru menetas. Sebab, rumah Didi berada tepat di rumah kosong yang jadi sarang ular. "Ketemunya siang-siang jadi langsung minta tolong warga" katanya.

Sebelumnya, warga berhasil mengevakuasi induk ular Kobra sepanjang 2 meter di Klaster Jasmine, Perumahan Bekasi Timur Regency, Bantargebang, Jabar yang terjadi pada Sabtu 14 November 2020.