Positif COVID-19, Anies Sebut Selalu Transparan dan Apa Adanya

Anies Baswedan saat jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa dirinya positif terkena COVID-19. Hal itu dia sampaikan melalui akun Twitter, @aniesbaswedan, dan tayangan di YouTube pada Selasa, 1 Desember 2020.

"Hari Senin tanggal 30 November saya kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen sehari sebelumnya, dan ternyata malamnya, dini hari, saya mendapatkan kabar kalau hasilnya positif. Hasil tes PCR menyatakan bahwa saya positif COVID-19," kata Anies.

Baca juga: Jokowi Soroti Peningkatan Kasus COVID-19 di DKI Jakarta dan Jateng

Anies memilih untuk mengumumkan pada kesempatan pertama pagi hari ini sebagaimana penanganan COVID-19 biasanya. Sejak Maret lalu, lanjut Anies, dia selalu menyampaikan apa adanya, transparan, tidak ditambah, tidak dikurangi, dan diberikan secara lengkap.

"Menyangkut kebijakan, kita terbuka, kita transparan, begitu juga ketika menyangkut, situasi yang saya hadapi pada hari ini," ujar Anies.

Anies menyampaikan kondisinya tersebut agar semua orang yang berinteraksi dengannya selama beberapa hari terakhir ini bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR.

"Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silakan langsung menghubungi Puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap, dan tim tracing dari dinkes akan mendata, akan dicatat semua, akan dihubungi semua kontak erat dan seluruh prosedur terkait akan dijalankan," tutur dia. (art)