Polisi Setop Kasus Pesta yang Didatangi Raffi Ahmad, Ini Alasannya

Raffi Ahmad
Sumber :
  • Setpres Istana Presiden

VIVA –  Kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara pesta ulang tahun bos KFC Indonesia Ricardo Gelael yang dihadiri presenter kondang Raffi Ahmad dihentikan polisi penyelidikannya.

"Dilakukan penghentian penyelidikan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 21 Januari 2021.

Penghentian penyelidikan kasus itu dilakukan pasca polisi melakukan gelar perkara guna menentukan ada unsur tindak pidana atau tidak dalam kegiatan tersebut sehingga bisa dinaikan ke penyidikan. Namun, penyidik mengklaim tidak menemukan adanya unsur pidana dalam gelar perkara. 

Pasal yang diduga dilanggar tak terpenuhi. Maka itu, kasus tidak meningkatkan status kasus ke penyidikan.

"Karena tidak terpenuhi, ancaman pasal tidak cukup dua alat bukti sesuai Pasal 184 KUHP," kata Yusri.

Sebelumnya, viral beredar foto Raffi Ahmad yang ikut berpesta bersama sejumlah aktris dan presenter lainnya dalam acara pesta ulang tahun bos KFC Indonesia Ricardo Gelael. Selain itu, hadir eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Raffi disorot karena menghadiri kerumunan usai menjalani vaksinasi COVID-19 Sinovac. Presenter itu pun menyampaikan permohonan maafnya. 

"Assalamualaikum, saya Raffi Ahmad terkait kejadian tadi malam saya ingin sedikit klarifikasi, tapi sebelumnya saya ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya dan meminta maaf kepada Presiden Jokowi, seluruh staf yang ada di sekretariat presiden dan sekali lagi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas peristiwa tadi malam," kata Raffi. 

Raffi menjelaskan kronologi yang terjadi semalam bahwa pesta itu berlangsung di rumah pribadi salah satu orangtua temannya. Dia bilang, sebelum memasuki rumah tersebut, mereka yang hadir mengikuti protokol kesehatan. 

Berikut penjelasan Raffi Ahmad.

"Semalam itu bukan di tempat umum tetapi di rumah pribadi salah satu ayahnya teman saya, di situ kondisinya memang sebelum masuk rumahnya mengikuti protokol. Tapi di dalam kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker dan ada yang foto tapi apa pun itu saya meminta maaf atas kejadian ini jadi heboh," kata Raffi.

Dia berharap masyarakat tidak mencontoh hal tersebut dan berbuat abai terhadap prokes. Ia ingin semua pihak mematuhi 3M, yakni menjaga jarak, menggunakan masker dan menghindari kerumunan. 

Raffi berjanji dengan adanya insiden kemarin malam bisa menjadi pelajaran sehingga ke depannya bisa lebih baik.

Baca Juga: Polisi: Pesta yang Didatangi Raffi Ahmad Tak Masuk Unsur Pidana