Pernah Terpapar, Wali Kota Depok Siap Donorkan Plasma Konvalesen

Wali Kota Depok, Mohammad Idris
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Sempat terpapar COVID-19, Wali Kota Depok Mohammad Idris berencana akan ikut donor konvalesen. Donor plasma dari penyintas disebut-sebut ampuh untuk mengobati pasien COVID-19, terutama yang bergejala.

“Saya Mohammad Idris, Wali Kota Depok tadi sudah melaksanakan tahapan awal untuk persiapan donor plasma konvalesen yang diawali dengan pengecekan kembali, rapid test tentang status dari rapid test ini,” katanya, dikutip pada Selasa, 26 Januari 2021.

Tahapan selanjutnya, kata Idris, adalah pengambilan darah yang akan diperiksa langsung oleh Kementerian Kesehatan sehingga apakah bisa direkomendasikan untuk didonorkan atau tidak.

Baca juga: Polisi Periksa PLN soal Kabel Listrik Rumah Pompa Dukuh Atas

“Pengambilan darah ini akan diperiksa oleh pusat di kesehatan, Menteri Kesehatan, dan dari situ baru direkomendasi darah saya. Kondisi saya siap untuk dilakukan donor tersebut,” ujarnya.

Dengan demikian, Idris mengatakan masih harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk kelanjutannya. Wali Kota Depok dua periode ini mengaku, jika memang donor tersebut bermanfaat, akan siap mendonorkan.

“Kita harus siap dalam rangka berbagi kemanfaatan kepada sesama untuk menyelamatkan jiwa saudara-saudara kita. Terima kasih,” katanya.