Jalur Puncak Padat di Libur Paskah, Antigen-Surat Vaksin Dicek

Jaur menuju Puncak pada libur jelang Paskah padat
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Jelang libur hari Raya Paskah, arus lalu lintas menuju arah Puncak sejak sore hingga malam ini terpantau cukup padat pada Kamis malam 1 April 2021. Untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan, Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor mengelar operasi yustisi wisatawan. Apabila memiliki surat rapid test antigen atau sertifikat vaksin maka perjalanan boleh dilanjutkan.

Pantauan VIVA, antrean kepadatan kendaraan terjadi sejak sore hari pukul 16.00 WIB. Sepanjang dua kilometer dari gerbang Tol Ciawi Gadong menuju Simpang Gadog.

"Peningkatan volume kendaraan dari sore hari tadi memang ada peningkatan. Saya sampaikan ada antrean imbas operasi Yustisi kemudian istirahat Magrib dan akan dilanjutkan kembali dilaksanakan Opreasi Yustisi," kata KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Mengingat arus lalu lintas dapat dikendalikan kata Ketut, Satlantas Polres Bogor belum menerapkan one way atau satu arah.

"Belum memberlakukan satu arah karena ini malam hari tidak mungkin kita laksanakan. Kemungkinan besok kita melihat situasi di lapangan, kalau arusnya padat kita terapkan one way, tetapi kalau tidak padat kita tidak terapkan one way," ujar dia.

Sementara Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor mengimbau agar masyarakat tetap di rumah dan menunda niatnya ke Puncak jika tidak memiki kepentingan.

"Mengimbau yang akan menuju Puncak kalau memang tidak penting sekali lebih baik ditunda," katanya.

Dalam operasi yustisi ini masyarakat dimintai surat rapid test antigen atau sertifikat telah vaksin COVID-19. Jika sudah memilikinya maka petugas akan mempersilakan masyarakat melanjutkan perjalanannya. Namun bagi masyarakat yang tidak melengkapi surat rapid test antigen maupun vaksin akan putar balik kembali ke arah Jakarta.

"Kemudian kalau pun ingin mengarah ke Puncak silakan dipersiapkan untuk menunjukkan antigennya. Karena puncak akan dilaksanakan operasi yustisi yang tidak ada membawa antigen itu akan diputar balik ke arah Jakarta. Dan bagi mereka yang sudah divaksin seperti anjuran pemerintah sudah diperbolehkan yang penting ditunjukkan hasil telah divaksinnya sehingga kami dari tim Satgas COVID-19 termasuk Satpol PP bisa mempersilakan kembali," lanjut dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan, operasi yustisi ini akan berlangsung di seluruh wilayah Kabupaten Bogor selama libur hingga Minggu 4 April 2021. Operasi gabungan melibatkan TNI Polri, Satpol PP, BPBD, Dishub hingga kecamatan. Operasi yustisi dilaksanakan hingga hari Minggu nanti pekan ini.