Viral, Pencuri Uang Amal Masjid Tertangkap Basah Saat Beraksi

Pencuri uang amal terekam CCVTV di Kalideres.
Sumber :
  • Tangkapan layar CCTV

VIVA – Aksi pencurian uang amal musala Nurul Fataa di Kalideres, Jakarta Barat, terekam CCTV. Dalam video tersebut terlihat seorang pelaku dengan menggunakan sepeda motor mengambil uang amal musala. Pelaku pun diringkus warga sekitar saat kepergok melakukan pencurian.

Pelaku pencurian yang viral tersebut diduga sudah beraksi berkali-kali. Pasalnya uang amal pembangunan musala kerap hilang di tiap minggunya.

Saksi mata peristiwa pencurian uang amal yang terekam CCTV dan viral, Suharno (40) mengatakan, bahwa aksi pencurian itu dilakukan di depan matanya, pada Jumat 2 April 2021 lalu.

Suharno menjelaskan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB saat para warga hendak bersiap salat Jumat, dimana pelaku nekat mengambil uang dalam jaring saat mengendarai sepeda motor.

"Sebelumnya memang uang di jaring amal musala sering hilang. Maka saya diminta merapikannya ketika uang di jaring sudah mulai penuh," ujar Suharno dikonfirmasi, Senin 5 April 2021.

Saat Suharno merapikan uang amal di jaring dekat tokonya, seorang pengendara motor mendekat ke jaring uang amal yang terletak di depan bangunan musala.

"Dia sepertinya juga enggak tahu kalau ada saya di depannya. Terus saya lihat dia ambil uang amal lalu saya teriakin. Habis saya teriakin dia kaget terus ada Pak Marwan yang bantuin pegang dia," ujarnya.

Pencuri uang tersebut lantas ditangkap warga, sang pencuri juga sempat diinterogasi oleh warga dan mengaku berasal dari wilayah kampung Warung Pojok, Kelurahan Tegal Alur.

Baca juga: Sekelompok Wanita di Dubai Ditangkap karena Berfoto Telanjang

Maling itu mengaku mencuri uang amal masjid untuk keperluan sekolah anaknya. "Dia mengemis-ngemis ke kami agar jangan ditahan. Katanya uangnya buat ujian anaknya,” ujar Suharno.

“Pengakuannya sih gitu, terus ada yang bilang lepasin saja akhirnya kami lepaskan," ujarnya.

Karena kasihan, warga pun melepas maling uang amal itu. Terlebih uang yang dicuri juga tidak banyak yakni hanya sejumlah Rp70.000.

Mereka juga tidak melaporkan kejadian itu ke aparat polisi. Namun begitu, Suharno mengatakan bahwa pencurian uang amal itu memang kerap terjadi sejak Maret lalu.

Pengurus musala kerap mendapati uang amal di jaring kosong setiap seminggu dua kali, sehingga diduga uang amal itu dicuri oleh seseorang.

Sementara Pihak pengelola musala sepakat tidak membawa masalah ini ke ranah hukum. Mereka hanya akan lebih waspada dalam melindungi uang amal musala tersebut.

"Ke depannya paling nanti kami warga membantu pengurus musala agar merapikan uang amal setiap mulai penuh," ujarnya.

Meski tidak melaporkan kepada aparat kepolisian, sejumlah polisi kata Suharno sudah mendatangi TKP untuk menyelidiki kasus tersebut. Sayangnya, para warga yang sempat menahan pelaku tidak mengetahui persis identitas pelaku pencurian uang amal musala.

Diketahui sebelumnya viral video seorang pria meraup uang amal masjid saat tengah melintas dengan sepeda motor. Pada video terlihat pria berjaket hitam itu melintas dengan menggunakan sepeda motor. Tiba-tiba saja pria itu berhenti di depan jaring tempat sumbangan musala.

Bukannya memberi sumbangan, pria itu malah meraup isi uang yang berada pada jaring itu. Seketika aksinya dihentikan warga sekitar.

Pria tidak diketahui identitasnya itu sempat dihalangi warga saat mencoba melarikan diri usai mencuri uang sumbangan musala.

Kanit Reskrim Polsek Kalideres Iptu Aris membenarkan informasi tersebut. Aris mengatakan bahwa pihaknya sudah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

"Kami sudah ke TKP. Tapi memang dari pihak musalanya tidak ada yang membuat laporan kepolisian," ujar Aris.

Aris menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya belum mengetahui siapa, dan berapa pelaku yang terlibat dalam aksi pencurian kotak amal tersebut.

Pihaknya masih meminta keterangan dari pengurus musala setempat.