Tanggul Jebol dan Banjir Kembali Melanda Depok

Hujan deras yang melanda sejak sore kembali membuat sejumlah wilayah di Kota Depok, Jawa Barat, terendam banjir pada Sabtu malam, 17 April 2021.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Hujan deras yang melanda sejak sore kembali membuat sejumlah wilayah di Kota Depok, Jawa Barat, terendam banjir pada Sabtu malam, 17 April 2021.

Banjir, di antaranya terjadi di Jalan Raya Sawangan dengan ketinggian air sekira 30 sentimeter, di Jalan Arif Rahman Hakim setinggi 40 sentimeter, dan di kawasan Perumahan Nasional atau Perumnas Depok 1, Kecamatan Pancoran Mas. 

Jalan Arif Rahman Hakim adalah lokasi yang paling sering dilanda banjir. Padahal itu adalah salah satu jalan utama di kota Depok. Buruknya drainase diduga menjadi penyebabnya.

Sedangkan di Perumnas, banjir terjadi akibat tanggul kali jebol. Ketinggian air yang merendam permukiman warga mencapai sekira 50-60 sentimeter. 

Banjir juga merendam salah satu musala di perumahan itu. Alhasil, warga terpaksa menunda salat tarawih dan bergotong royong membersihkan genangan air. 

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Denni Romulo mengatakan, akibat tanggul jebol satu keluarga terpaksa mengungsi.